5 Cara Efektif Membangun Kekompakan Tim Kerja

Pekerjaan yang bagus seringkali tidak hanya berasal dari kemampuan kamu sendiri, namun juga karena peran rekan kerja yang saling melengkapi. Harus diakui bahwa membangun kekompakan sebuah tim kerja bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kesamaan visi dan misi, saling pengertian serta kemampuan memahami karakter satu dengan yang lain.

Dalam perusahaan, kekompakan tim kerja adalah hal yang sangat penting. Fungsi organisasi perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar jika sesama anggota dalam tim kurang berkomunikasi dan berkoordinasi.

Nah, bagi kamu yang saat ini ingin meningkatkan kekompakan dalam tim, berikut ini beberapa cara efektif untuk membangunnya.

  1. KONDISI KERJA YANG STABIL

Bagaimana bisa berpikir dengan tenang jika status karyawan tidak jelas atau perusahaan sedang dalam masalah, bukan? Ternyata kondisi kerja ini berpengaruh langsung pada semangat kerja karyawan. Dalam kondisi kerja yang stabil, tentu setiap anggota tim bisa bekerja dengan lebih tenang dan target kerja pun tercapai.

  1. PERINTAH YANG JELAS

Bagi divisi yang kedatangan karyawan baru, sebaiknya beri mereka perintah dengan jelas. Kemudian sampaikan pula apa yang perlu mereka capai. Hal ini bertujuan agar anak baru cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja termasuk job desk barunya sehingga tim juga cepat solid. Selain itu, disarankan bagi manajer untuk memberi gambaran tentang kekuatan tim lainnya sehingga antar tim dapat bekerjasama dan membantu satu sama lain.

  1. BIMBINGAN DARI ATASAN

Selain memberi informasi dengan jelas, karyawan baru juga diharapkan mendapat bimbingan dan pelatihan dari manajer atau para senior. Bimbingan tersebut akan membuat mereka semakin mengerti dan mengenal pekerjaan barunya. Mentransfer ilmu dari karyawan lama kepada karyawan baru juga diyakini akan semakin mempererat hubungan dan mendukung kekompakan tim.

  1. ORGANISASI YANG TERSTRUKTUR

Struktur organisasi yang jelas juga dapat membuat tim lebih kompak. Karena dengan struktur yang jelas, anggota tim kerja akan fokus pada job desknya masing-masing dan mampu mengembangkannya lebih baik lagi. Jika karyawan kerjanya merangkap kemungkinan besar timbul permasalahan di kemudian hari.

  1. DUKUNGAN PERUSAHAAN

Menciptakan kekompakan sebuah tim tidak bisa hanya mengandalkan usaha anggotanya saja. Perusahaan juga harus ikut aktif dalam mewujudkannya. Perusahaan dapat membantu dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan seperti memberi liburan bersama satu hingga dua kali setahun, memberi keleluasaan ruang untuk berekspresi dan sebagainya.

Itulah 5 cara efektif untuk membangun kekompakan tim kerja. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin menciptakan tim kerja yang solid dan profesional dalam suasana kerja yang menyenangkan.


Kategori Artikel
Sub Kategori Siaran Pers