KARYAWAN KEBUN COT GIREK DONOR DARAH

Cot Girek, 19-6-2019 Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah,tetapi donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah.

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan donor darah.

Selain itu, manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.  Pastinya dengan mendonor darah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kegiatan donor darah sudah hal yang biasa, tidak asing lagi  di masyarakat dan di instansi pemerintahan maupun swasta, yang bekerjasama dengan Lembaga resmi (Palang Merah Indonesia) dengan peralatannya datang langsung ke tempat – tempat pendonor secara rutin.

Di PTPN I donor darah merupakan  kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh manajemen dan karyawan/karyawati di Kantor pusat, di kebun-kebun dan pabrik sesuai dengan jadwal masing-masing 3 bulan sekali oleh Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) dengan peralatannya datang langsung ketempat pendonor darah.

Kemarin Karyawan kebun Cot Girek PTPN I melaksanakan kegiatan sosial donor darah secara rutin selama 3 bulan sekali. Dimana kegiatan tersebut oleh manajemen,  karyawan dan Satuan Pengamanan yang suka rela, tidak ada unsur paksaan untuk mendonorkan darahnya.

Orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain dan sekaligus untuk kesehatan diri sendiri.  Menyumbangkan darah merupakan hal yang tidak ternilai harganya kepada orang yang membutuhkan akan membuat diri kita merasakan kepuasan psikologis.


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan