KARYAWAN KEBUN LAMA DONOR DARAH

Langsa, 25-9-2019 penyumbang darah atau pendonor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Menyumbang darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Donor darah tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah tetapi donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.  Bagi pendonor darah harus berbadan sehat mengisi formulir yang telah disediakan oleh PMI dan secara umum harus memenuhi syarat-syarat sesuai ketenytuan dari lembaga resmi Palang Merah Indonesia.

Donor darah secara teratur dapat menurunkan kekentalan darah dan merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Kegiatan donor darah sudah hal yang biasa, tidak asing lagi di kalangan masyarakat dan di instansi pemerintahan maupun swasta yang bekerjasama dengan Lembaga resmi yakni Palang Merah  Indonesia yang siap hadir dengan peralatannya  (kendaraan donor darah) datang langsung ketempat-tempat pendonor secara rutin.

Karyawan PTPN I dalam hal donor darah bukan hal yang baru tetapi sudah menjadi rutinitas setiap 3 bulan sekali, baik yang di Kantor Pusat maupun di kebun dan pabrik. Kemarin karyawan kebun lama melaksanakan kegiatan sosial donor darah bersama yang dilaksanakan di halaman kantor kebun. Dimana donor darah tersebut oleh manajemen kebun, karyawan pelaksana dan Satuan Pengamanan yang dilakukan  secara suka rela, tidak ada unsur paksaan untuk mendonorkan darahnya. Mereka merasa tersentuh untuk membantu dan berbagi untuk selamatkan  nyawa orang sehingga dapat tertolong dengan tersedianya darah di Unit PMI.  Pendonor berharap sumbangan darahnya dapat membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan untuk menyelamatkan nyawa manusia disamping untuk kesehatan dirinya sendiri.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan