KUNJUNGAN TIM BARISTAN KE PKS

Langsa, 20-6-2019 PTPN I yang memilki tiga buah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi  24 jam setiap harinya untuk mengolah kelapa sawit menjadi CPO. Dimana dalam pengoperasiannya PKS tidak terlepas dengan lingkungan, tentunya harus memenuhi kewajiban dan ketentuan yang ditetapkan oleh peraturan perundangan dan kewajiban penanggung jawab usaha atau kegiatan. Manajemen ke tiga PKS berupaya untuk memenuhi kewajiban kesemuanya sebagai perusahaan industri untuk dapat beropersional.

Kemarin Tim Badan Riset dan Standarisasi (Baristan) dari Banda Aceh (Rio Junaidi, Restu Ginanjar, M.Iqbal dan M.Hariansyah) yang didampingi oleh Kasubbag Pengolahan dan lingkungan Hidup (Khairiani) dari Bagian Teknik dan Pengolahan Kantor Pusat PTPN I berkunjung ke PKS Tanjung Seumantoh, PKS Pulau Tiga dan selanjutnya ke PKS Cot Girek dalam rangka mengambil sampel baku mutu udara Ambient dan kebisingan  dan lainnya sesuai dengan parameter, kadar dan beban pencemaran maksimum.sesuai dengan peraturan pemerintah RI No 41 tahun 1999 tentangpencemaran udara.

Disamping itu juga kwalitas udara emisi yang bardasarkan peraturan menteri Lingkungan Hidup nomor 07 tahun 2007 tentang baku  emisi  tidak  bergerak bagi ketel uap.  Selain ketentuan dari kementerian untuk memperolah sertifikasi kelayakan suatu perusahaan  adanya  Pemantauan dan pengawasan pelaksanaan resmi dengan peraturan gubernur Aceh no 57 tahun 2016 sebagai pendukung untuk memperoleh penilaian PROPER.

Pelaksanaan tersebut juga berdasarkan ketentuan dan peraturan perundangan Menteri Negara Lingkungan Hidup, diantaranya Undang-undang No.  32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Berdasarkan riset yang dilaksanakan setiap bulannya akan menjadi acuan perusahaan industri  untuk memperoleh sertifikasi Program Penilaian Kinerja Perusahaan (Proper) sesuai dengan katagorinya.

Kunjungan Tim Barisran secara rutin  ke PKS sangat berpengaruh terhadap operasional pabrik dan lingkungan. Dengan bersinergi antar bagian dan instansi/lembaga terkait untuk pengawasan tentang pencemaran udara dapat teratasi.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan