PELAKSANAAN PEMUPUKAN DI KEBUN

Langsa, 18-6-2019 pemupukan tanaman kelapa sawit di PTPN I merupakan kewajiban di kebun-kebun untuk perawatan tanaman yang telah ditanam. Pemupukan  merupakan kegiatan perawatan tanaman yang bertujuan untuk memberikan makanan pada tanaman kelapa sawit. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan cara yang baik agar budidaya kelapa sawit dapat maksimal.

Teknik pemupukan yang baik berguna untuk membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tanaman, sehingga dapat memberikan dampak pertumbuhan dan produksi yang nyata pada tanaman. Sebaliknya, Teknik pemupukan yang tidak baik akan berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih besar.

Kegiatan pemupukan kelapa sawit harus melalui teknik dan tahapan yang benar, sehingga budidaya kelapa sawit dapat berjalan dengan maksimal. Palaksanaan pemupukan kelapa sawit dengan cara yang benar, akan menghasilkan produksi yang melimpah.

Sebelum melakukan kegiatan pemupukan, kita harus melakukan persiapan atau yang bisa disebut dengan Pra-pemupukan. Setelah semua tahapan Pra-Pemupukan selesai, barulah kita bisa melanjutkan pada proses pemupukan. Menentukan pupuk yang sesuai kebutuhan dengan kebutuhan tanaman kelapa sawit. Menggunakan pupuk yang aman, terpecaya dan telah tersertifikasi oleh lembaga Sertifikasi Organik.

Perlakuan dalam pemupukan harus sesuai dengan 5 T yaitu,

  1. Tepat Jenis
  2. Tepat Dosis
  3. Tepat Waktu
  4. Tepat Cara Aplikasi
  5. Tepat Sasaran

Selain langkah –langkah pemupukan tersebut harus ada pengawasann, sehingga pelaksanaannya tepat sasaran dan  pupuk yang diecer dipinggir jalan dipastikan tidak hilang.  Pengawasan dilakukan oleh personel keamanan kebun. Mereka bersinergi antara Satpam, Polri dan TNI yang selama ini ditugaskan mengamanankan kebun di PTPN I.

 

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan