PENANDATANGANAN SERAH TERIMA KEBUN PROGRAM PEUMAKMU GAMPONG

Lhokseumawe, 23-7-2019 Direktur Utama  PTPN I (Uri Mulyari) yang didampingi oleh Direktur Operasional (Desmanto) dan Direktur Komersil (Faisal Ahmad) kemarin berkunjung ke Kantor  Bupati Aceh Utara  untuk bertemu dengan Bupati dalam rangka penandatanganan serah terima Kebun Program Peumakmu Gampong (PPG) antara PT Perkebunana Nusantara I dengan pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Kedatangan ke tiga Direksi PTPN I yang didampingi oleh kepala Bagian Sekretariat Perusahaan (Achmad Ghazali) dan Kepala Bagian Tanaman (Hajad Dharmawan) disambut gembira oleh Bupatai Aceh Utara (Muhammad Thaib) yang didampingi oleh wakil Bupati (Fauzi Yusuf) dan beberapa orang jajarannya.

Pada pertemuan tersebut  Uri Mulyari mengucapkan terima kasih kepada Bupati Aceh Utara dan jajarannya yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk acara penandatanganan serah terima PPG. Dan menjelaskan sepintas tentang Program Revitalisasi Perkebunan yang diberi nama Program Peumakmu Gampong (PPG) ini digagas oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia pada masa itu oleh Mustafa Abu Bakar, di mana biaya pembangunannya difasilitasi oleh dana kredit Revitalisasi Perkebunan serta subsidi bunga oleh pemerintah dengan melibatkan PT Perkebunan Nusantara I, PT Perkebunanan Nusantara III (Persero) serta PT Perkebunan Nusantara IV yang berperan sebagai mitra usaha dalam pengelolaan Kebun Program Peumakmu Gampong (PPG).

Tujuan pembangunan kebun PPG tersebut adalah untuk mengatasi permasalahan akibat konflik keamanan dan bencana tsunami, sumber daya alam dan sumber daya manusia tidak tergarap secara optimal, permasalahan sosial serta rendahnya tingkat kesejahteraan, sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat di Aceh Utara lebih meningkat.

Rencana awal PPG seluas 41.200 Ha yang terdiri dari komoditas karet 13.000 Ha dan Kelapa sawit 28.200 Ha, dengan total biaya investasi Rp. 2.3 Triliun dengan jumlah petani peserta sebanyak 20.600 kepala keluarga.   Realisasi luas pembangunan kebun plasma PPG kabupaten Aceh Utara seluas 520,70 Ha terdiri tanaman karet seluas 254,15 Ha berlokasi di kecamatan Sawang yang dikelola oleh koperasi Tachimita dan Tanaman kelapa sawit seluas 266,55 Ha berlokasi di Kecamatan Kuta Makmur yang di kelola oleh Koperasi Karya Sejahtera.

Pada tanggal 11 Januari 2018 PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengakhiri perjanjian kerja sama pengelola PPG dengan PT Perkebunan Nusantara I. Berdasarkan isi berita acara pengakhiran kerjasama tersebut PT Perkebunan Nusantara III  (Persero) mengkuasakan kepada PT Perkebuanan Nusantara I untuk menyerahkan pengelolaan PPG yang ada di kabuapaten Aceh Utara kepada pemerintah Kabupaten Aceh Utara.  Agar serah terima tersebut segera menetapkan Calon Petani dan Lahan (CPL) sehingga tanaman yang dimaksud setara dengan Perkebunan Inti Rakyat (PIR) yang benar-benar bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan mempunyai kepastian hukum. Alhamdulillah kemarin wacana tersebut dapat terealisasi dengan harapan lahan itu nantinya dapat dipergunakan untuk memajukan dan memakmurkan kabupaten Aceh Utara.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan