PIDATO DIREKTUR UTAMA PTPN I PADA UPACARA BENDERA

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati

  • Rekan-rekan Direksi
  • Kepala Bagian Kantor Pusat
  • Manajer Kebun dan Pabrik
  • Karyawan dan Karyawati Kantor Pusat
  • Karyawan dan Karyawati Kebun dan Pabrik

Alhamdulillah, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWTyang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kita semua berada dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kesempatan untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada pagi hari ini Selasa tanggal 17 September 2019.

Shalawat beriring salam kita sanjung sajikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah memberikan tuntunan risalah kepada kita semua sebagai umatnya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

  1. Saudara-saudara sekalian

Tidak terasa delapan bulan telah kita lewati bersama, untuk itu pada kesempatan ini perlu saya sampaikan kepada kita semua capaian kinerja produksi sampai dengan bulan Agustus tahun 2019 adalah sebagai berikut. Kinerja produksi kebun sendiri sebesar 254.047 Ton atau 109,34% dari RKAP sebesar 232.337 Ton.

  1. Produksi

Perlu saya sampaikan bahwasampai dengan bulan Agustus tahun 2019 capaian produksi tertinggi adalah Kebun Baru yang mencapai 51.388 Ton atau 120,44% dari RKAP sebesar 42.667 Ton, diikuti oleh Kebun Pulau Tiga mencapai 54.737 Ton atau 115,61% dari RKAP sebesar 47.346 Ton, kemudian Kebun Cot Girek mencapai 53.888 Ton atau 111,76% dari RKAP sebesar 48.219 Ton dan Kebun Lama mencapai 46.401 Ton atau 106,56% dari RKAP sebesar 43.546 Ton. Sedangkan yang capaiannya di bawah RKAP adalahKebun Julok Rayeuk Utara mencapai 32.179 Ton atau 96,28% dari RKAP sebesar 33.422 Ton dan Kebun Tualang Sawit mencapai 15.454Ton atau 90,18% dari RKAP sebesar 17.137 Ton.

Pencapaian produktivitas sampai dengan bulan Agustus 2019 sebesar 11,35 Ton/Ha atau 109,34% dari RKAP sebesar 10,38 Ton/Ha. Dan jika dibandingkan sampai dengan bulan Agustus 2018 tahun lalu adalah sebesar 7,69 Ton/Ha atau pencapaian sebesar 147,60%. Hal ini merupakan lonjakan yang sangat signifikan dalam hal peraihan produktivitas. Diharapkan untuk Tahun 2019 kita dapat mencapai 17 Ton/Ha sesuai RKAP PT Perkebunan Nusantara I. Namun demikian kita harapkan upaya peraihan produktivitas bisa mencapai 18 Ton/Ha.

Pada kesempatan ini juga saya sampaikan bahwa dari pencapaian produksi kelapa sawit PT Perkebunan Nusantara Group, PT Perkebunan Nusantara I sampai dengan bulan Agustus 2019 masih berada pada peringkat pertama diikuti oleh PT Perkebunan Nusantara IV dan PT Perkebunan Nusantara V.

Saya atas nama manajemen mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pencapaian kinerja produksi kita selama ini khususnya kepada Kebun yang capaian produksinya di atas RKAP. Namun perjalanan kita masih ada 4 (empat) bulan lagi di tahun 2019 ini yang masih banyak tantangan dan harus kita perjuangkan bersama untuk mencapai produksi yang optimal. Kepada Kebun yang capaiannya masih di bawah RKAP, Saya harapkan agar dapat mengejar ketertinggalan tersebut.

Kinerja produksi pembelian TBS sebesar 22.699Ton atau 14,30% dari RKAP sebesar 158.700Ton.

Realisasi rendemen minyak sawit kebun sendiri sebesar 21,74% dari RKAP sebesar 22,87% atau pencapaian sebesar 95,06%.

Realisasi rendemen inti sawit kebun sendiri sebesar 4,10% dari RKAP sebesar 4,47% atau pencapaian sebesar 91,72%.

Dengan capaian kinerja produksi dan Pabrik Kelapa Sawit tersebut yang telah saya sampaikan, sampai dengan bulan Agustus tahun 2019produksi kita di atas RKAP, namun Pembelian TBS, rendemen minyak sawit dan rendemen inti sawit masih di bawah RKAP. Kami menghimbau kepada seluruh karyawan PT Perkebunan Nusantara I khususnya kebun dan pabrik yang belum mencapai RKAP agar dapat memperbaiki kinerjanya di bulan-bulan yang akan datang untuk mencapai sasaran Perusahaan yang telah ditetapkan.

Kami yakin dan percaya di tahun 2019 iniPT Perkebunan Nusantara I akan mencapai kinerja yang lebih baik lagidan guna menyiasati tentang fluktuasi harga yang cenderung terus mengalami penurunan, untuk itu kita semua perlu terus melakukan efisiensi dalam penggunaan anggaran. Kami atas nama Direksi bertekad untuk berupaya semaksimal mungkin mengoptimalkan sumber daya yang ada di PT Perkebunan Nusantara I. Namun demikian tanpa dukungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh karyawan, kami tidak akan mampu mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan.

Untuk itu kami mengajak kepada seluruh karyawan di kebun dan pabrik serta kantor pusat untuk bersama-sama bekerja secara optimal, taat azas, disiplin kerja, sehingga apa yang kita cita-citakan Perusahaan Sehat Karyawan Sejahtera dapat segera terwujud.

  1. Saudara-saudara sekalian

Beberapa hari yang lalu PT Perkebunan Nusantara I telah melaksanakan peusijuk (tepung tawar) 2 (dua) unit alat berat yaitu 1 (satu) unit motor grader dan 1 (satu) unit vibro compactor single drum roller. Dimana sebelumnya PT Perkebunan Nusantara I telah mengadakan sebanyak 4 (empat) unit dan saat ini sudah memiliki 6 (enam) unit alat berat.

Kami berharap dengan adanya alat berat tersebut agar dirawat dalam penggunaannya dan dapat meningkatkan produktivitas kerja di Kebun dan Pabrik serta dapat menekan harga pokok Perusahaan.

  1. Saudara-saudara sekalian

Seperti yang kita ketahui bersama, hari senin kemarin kita juga telah melakukan peusijuk 8 (delapan) unit kendaraan dinas yaitu:

  • New Triton Athlete Double Cabin 4x4 sebanyak 2 Unit yang dioperasionalkan di Kebun Pulau Tiga dan Kebun Cot Girek
  • Triton Exceed Double Cabin 4x4 sebanyak 4 Unit yang dioperasionalkan di Kebun Lama, Kebun Baru, Kebun Tualang Sawit dan Kebun Julok Rayeuk Utara.

Kendaraan dinas tersebut dioperasionalkan di masing-masing kebun menjadi kendaraan dinas Manajer Kebun.

  • Toyota Innova Reborn 2.0 sebanyak 1 Unit dan Mitsubishi Minibus L300 sebanyak 1 unit yang dioperasionalkan di Kantor Pusat sebagai kendaraan dinas pool.

Dan kita berharap untuk ke depan dengan adanya kendaraan dinas ini, dapat memperlancar kinerja Kantor Pusat dan Kebun dalam bidang transportasi. Khususnya kepada Manajer Kebun, kami harapkan dapat melaksanakan tugas dan perannya sebagai Manajer Kebun secara optimal dalam upaya optimalisasi penggalian produksi TBS kebun di bawah pengawasannya.

Kemudian perlu saya tekankan bahwa perawatan kendaraan dan alat berat tersebut agar menjadi perhatian utama. Dengan perawatan yang baik diharapkan kinerja optimal dari kendaraan dan alat berat tersebut dapat dihasilkan.

  1. Saudara-saudara sekalian

Dalam rangka mendukung Program Nasional melalui Kementerian BUMN untuk menciptakan SDM yang berkompetensi unggul dan mencetak SDM berdaya saing global, maka PT Perkebunan Nusantara Group berkewajiban untuk ikut berpartisipasi dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Dan kita telah melaksanakan PMMB Batch 1 pada tanggal 05 Maret s.d. 05 September 2019. Kemudian dilanjutkan dengan PMMB Batch 2 terhitung mulai tanggal 09 September 2019 dan akan berakhir pada tanggal 09 Maret 2020 mendatang.

Mahasiswa tersebut berjumlah 8 (delapan) orang yang berasal dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Dan telah disebar di Kebun dan Pabrik, mereka akan membaur dengan Karyawan dalam bekerja. Kami beraharap keberadaan mereka dapat saling membagi ilmu, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam bekerja.

  1. Saudara-saudara sekalian

Kunjungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh ke PT Perkebunan Nusantara I yang menyampaikan bahwa saat ini maraknya penggunaan narkotika yang sangat meresahkan orang tua dan masyarakat di Provinsi Aceh.

Kami menghimbau, berharap dan mengajak semua insan PT Perkebunan Nusantara I untuk menjaga dan menghindari barang berbahaya tersebut baik di rumah maupun di lingkungan kerja.

  1. Saudara-saudara sekalian

Demikian pidato ini saya sampaikan, seraya kita berdo’a agar tetap diberikan kekuatan dalam menjalani kehidupan serta melaksanakan tugas sehari-hari di Perusahaan dansemoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta petunjuk-Nya kepada kita semua.

Amin Ya Rabbal Alamin.

Akhirul kalam saya ucapkan. Salam Sinergi, Integritas, Profesional.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

PTPerkebunan Nusantara I

Direksi,

 

 

Uri Mulyari

Direktur Utama               

 

 


Kategori Pidato Direksi
Sub Kategori Berita