PIDATO DIREKTUR UTAMA PTPN I PADA UPACARA BENDERA TANGGAL 18 FEBRUARI 2019

 

 

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yang Saya hormati

  • Rekan-rekan Direksi
  • Kepala Bagian Kantor Pusat
  • Papam Kantor Pusat
  • Manajer Kebun dan Pabrik
  • Karyawan dan Karyawati Kantor Pusat
  • Karyawan dan Karyawati Kebun dan Pabrik

 Alhamdulillah, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kita semua berada dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kesempatan untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada pagi hari ini senin tanggal 18 Februari 2019. Shalawat beriring salam kita sanjung sajikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah memberikan tuntunan risalah kepada kita semua sebagai umatnya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 Saudara-saudara sekalian

 Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan kepada kita semua capaian kinerja produksi sampai dengan bulan Januari 2019 adalah sebagai berikut.

 Produksi

 Kinerja produksi kebun sendiri sebesar 26.031 Ton atau 112,81% dari RKAP sebesar 23.076 Ton.

 Pembelian TBS

 Kinerja produksi pembelian TBS sebesar 4.377 Ton atau 22,68% dari RKAP sebesar 19.300 Ton.

 Rendemen Minyak Sawit

 Realisasi rendemen minyak sawit kebun sendiri sebesar 21,54% dari RKAP sebesar 22,56% atau pencapaian sebesar 95,48%.

 Rendemen Inti Sawit

 Realisasi rendemen inti sawit kebun sendiri sebesar 4,32% dari RKAP sebesar 4,46% atau pencapaian sebesar 96,86%.

 Dengan capaian kinerja produksi dan PKS tersebut di atas, pada bulan Januari 2019 produksi kita di atas RKAP, namun Pembelian TBS, rendemen minyak sawit dan rendemen inti sawit masih di bawah RKAP. Kepada seluruh karyawan PT Perkebunan Nusantara I, mari kita menginstropeksi diri kita masing-masing untuk memperbaiki kinerja kita di bulan-bulan berikutnya.

 Kami yakin dan percaya di tahun 2019 ini kita akan bisa bangkit dan mencapai kinerja yang lebih baik lagi. Kami atas nama Direksi bertekad untuk berupaya semaksimal mungkin mengoptimalkan sumber daya yang ada di PT Perkebunan Nusantara I. Namun demikian tanpa dukungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh karyawan, kami tidak akan mampu mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan.

 Untuk itu kami mengajak kepada seluruh karyawan di kebun dan pabrik serta kantor pusat untuk bersama-sama bekerja secara optimal sehingga apa yang kita cita-citakan Perusahaan Sehat Karyawan Sejahtera dapat segera terwujud.

 Saudara-saudara sekalian

 Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa terhitung tanggal 1 Januari 2019 Perusahaan telah mengimplementasikan dan Go Live ERP-SAP All Module. Dimana 7 modul tersebut terdiri dari:

  1. Module Financial dan Controling (FiCo)
  2. Module Material Management (MM)
  3. Module Plan Maintanance (PM)
  4. Module Plan Production (PP)
  5. Module Project Sistem (PS)
  6. Module Sales and Distribution (SD)
  7. Module Human Capital Management (HCM)

 Penerapan ERP-SAP secara all module bukan sesuatu yang mudah dilaksanakan, diperlukan keseriusan dan ketekunan serta kekompakan. Kepada semua pihak dari manajemen di Kantor Pusat, Kebun dan Pabrik agar berkomitmen untuk sepenuhnya mendukung penerapan ERP-SAP.

 Khusus personel Key User dan End User masing-masing modul di bawah pejabat puncak atau Business Process Owner (BPO), agar lebih mengoptimalkan dalam hal penguasaan pekerjaan dengan meningkatkan ketelitian dalam menginput data-data serta saling berkoordinasi dan memonitor setiap pekerjaan antar modul sehingga penerapan ERP-SAP All Module dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 Saudara-saudara sekalian

 Pada saat ini Perusahaan telah melakukan penyegaran pada bidang sumber daya manusia dengan melakukan promosi dan alih tugas kepada pejabat-pejabat setingkat Kepala Bagian sampai dengan Staf Sub Bagian di Kantor Pusat maupun Kebun dan Pabrik.

 Promosi dan alih tugas tersebut adalah untuk memotivasi, menaikkan semangat kerja dan meningkatkan produktivitas. Untuk itu kami mengharapkan kepada seluruh karyawan             PT Perkebunan Nusantara I untuk selalu melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

 Saudara-saudara sekalian

 Sesuai Surat Keputusan Direksi PT Perkebunan Nusantara I Nomor 01.3.2/SKEP/01/2019 telah lahir Generasi Milenial PT Perkebunan Nusantara I. Generasi muda yang berjiwa milenial dan menjadi mitra Perusahaan dalam meningkatkan keterlibatan karyawan pada kegiatan di lingkungan Perusahaan, termasuk di bidang sosial, budaya dan membangun citra positif khususnya bagi        PT Perkebunan Nusantara I dan PTPN Group pada umumnya.

 Kami sangat berharap generasi milenial ini bisa memberikan kontribusi yang optimal untuk kemajuan Perusahaan dan juga bisa memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

 Saudara-saudara sekalian

 Selanjutnya dalam rangka mendukung Program Nasional melalui Kementerian BUMN untuk menciptakan SDM dengan kompetensi unggul, maka pada hari selasa tanggal 12 Februari 2019 yang lalu, Direksi telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agribisnis Perkebunan Medan terkait Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

 Semoga Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini mampu memberikan manfaat yang besar bagi Perusahaan. Manajer Kebun dan Pabrik adalah sebagai pembimbing sehingga dapat memberikan informasi yang benar tentang bidang teknis perkebunan secara profesional.

 Demikian pidato ini saya sampaikan, seraya kita berdo’a agar tetap diberikan kekuatan dalam menjalani kehidupan serta melaksanakan tugas sehari-hari di Perusahaan dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta petunjuk-Nya kepada kita semua.

 Amin Ya Rabbal Alamin.

Salam Jujur, Tulus, Ikhlas.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

PT Perkebunan Nusantara I

   Uri Mulyari

Direktur Utama


Kategori Berita
Sub Kategori Pidato Direksi