PTPN I MEMPEROLEH PROPER BIRU

Langsa, 21-2-2019 Penghargaan Proper diberikan setiap tahun kepada Perusahaan yang mengikuti evaluasi kinerja pengelolaan lingkungan yan di selenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hal ini sangat penting dilakukan semua perusahaan karena selain memberikan afesiensi juga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi konsumen mereka dan mempunyai nilai tambah bagi perusahaan.

Untuk memperoleh Sertifikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) dalam pengelolaan lingkungan hidup, ada beberapa aspek penilaian ketaatan yang dievaluasi dalam penghargaan Proper, meliputi izin lingkungan, pengendalian pencemaran air dan udara, pengendalian limbah B3, dan penerapan RKL-RPL. Untuk peringkat Proper tersebut terbagi  5 katagori penilaian yang ditandai dengan warna emas, hijau, biru, merah dan hitam.

Di provinsi Nanggro Aceh Darussalam perusahaan yang diwajibkan mengikuti Proper tahun 2018 sebanyak 23 perusahaan diantaranya PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I).  Sesuai dengan undangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Nomor: 005/60-III tanggal 8 Februari 2019 perihal penyampaian Sertifikat Raport Proper 2017-2018  dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2019 yang disampaikan oleh Ir. Cut Nismaita, MP sebagai Kabid Pengendalian Kerusakan Lingkungan  DLHK Aceh  di Banda Aceh.

Dan berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor : SK.613/Menlhk/Setjen/KUM.1/12/2018 tentang hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam mengelola lingkungan hidup tahun 2017-2018 ditetapkan  perusahaan katagori proper.

PTPN I yang memiliki tiga Pabrik kelapa sawit (PKS Pulau Tiga, PKS Tanjung Seumantoh dan PKS Cot Girek) berturut-turut memperoleh peringkat BIRU selam 8 tahun. Direksi yang diwakili langsung oleh ketiga Manajer pabrik (Basri Usman, Harianto dan Suprianto) yang didampingi oleh Ibu Khairani Kasubbag. Teknik dan pengolahan  menerima anugerah sertifikat Proper warna Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Banda Aceh. Anugerah ini merupakan keberhasilan PTPN I dalam mengelola lingkungan di pabrik diambang batas kewajaran. Dengan memperolah sertifikat tersebut ketiga PKS PTPN I lebih peduli dengan analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan mempertahankan serta dapat ditingkatkan pengelolaan lingkungan untuk memperoleh sertifikat proper Hijau.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan