PTPN I TERIMA MAHASISWA STIPAP MEDAN

Langsa, 26-7-2019 PTPN I  menerima Mahasiswa semester IV tahun Akademik 2018/2019 Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunanan (STIPAP) Medan.

Mahasiswan STIPAP sebanyak 12 personel  dengan program studi budidaya pertanian sejumlah 7 orang dan 5 orang  jurusan teknologi pengolahan hasil perkebunan.

Program praktek kerja lapangan (PKL) diikuti oleh mahasiswa program studi budidaya perkebunan  (BDP).

Sasaran Praktek Kerja Lapangan (PKL)  adalah mahasiswa mampu menguasai aspek teknis budidaya kelapa sawit dan karet dengan konsep Learning By Doing (belajar dengan mengerjakan) sesuai dengan arahan pembimbing dari kebun dan pabrik.   Mereka PKL di kebun/pabrik PTPN I terhitung mulai tanggal 22 Juli sampai dengan 14 September 2019 mendatang.

Mahasiswa sejumlah 12 (dua belas) personel melaksanakan Praktek Kerja Lapangan tersebut merupakan program Kurikulum dalam rangka meningkatkan kualitas dan salah satu syarat kelulusan di universitas.

Manager kebun Pulau Tiga (Yulia Syafri) yang didampingi oleh kedua Askep wilayah A (Ahmad Azhim Subhan dan  wilayah B (Arsiswadi) serta Asisten Personalia dan umum (T. Fauzi) menyambut kedatangan 7 personel mahasiswa untuk PKL di kebun Pulau Tiga.

Sedangkan 5 Personel yang lainnya mereka disambut oleh Manajer pabrik Pulau Tiga (Basri Usman) yang didampingi oleh  Maskep pabrik (Septiady Irham).

PTPN I menerima sekaligus membekali ilmu  perkebunan   kepada mahasiswa/i  bukan yang pertama kali tetapi sudah secara rutin dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan dan Universitas.. Mahasiswa/i dan siswa/i yang praktek di PTPN I harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan dan setelah selesai PKL mereka menyerahkan laporan tertulisnya sebanyak satu set.

Disamping praktek lapangan mereka juga dibekali tentang administrasi perkebunan oleh tenaga kerja yang ada di kantor manajer, untuk praktek lapangan langsung diterjun ke Afdeling-afdeling yang di bekali ilmu oleh Asisten Tanaman.  Sedangkan yang di pabrik mereka dibekali ilmu tentang teknis pengolahan hasil perkebunan oleh Asisten teknik dan pengolahan.

Para mahasiswa yang PKL begitu antusias dalam mendengarkan penjelasan dari para pembimbing  baik di kebun maupun di pabrik. Manajemen PTPN I berharap kepada mereka agar mengerti dan paham, sehingga nantinya ilmu yang diperoleh saat PKL dapat menjadi bekal para mahasiswa sebagai generasi bangsa yang berpotensi untuk terjun dalam masyarakat khususnya di bidang  perkebunan dan teknik pengolahan di pabrik.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan