SOSIALISASI PROSEDUR JAMINAN KECELAKAAN KERJA

Langsa, 10-7-2019 Direktur Operasional PTPN I (Desmanto) yang didampingi oleh  Kepala Bagian SDM dan Umum (Yantri Bakti Putera) beserta Humas dan Kasubbag HI dan Kesehatan di Kantor Pusat menyambut kedatangan tim Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Langsa dan koordinator pegawai pengawasan ketenagakerjaan dan mobilitas penduduk provinsi Aceh (Nirwan, SH dan Wira Legawa).

Dalam sambutannya Direktur Operasional menyampaikan terima kasih kepada tim BPJS yang berhadir untuk mensosialisasikan sistem pelaporan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Beliau juga berharap kepada peserta sosialisasi saat itu terutama Asisten Peronalia/Umum dan Asisten Tata Usaha dari masing- masing kebun/pabrik agar benar- benar mengikuti dan memahami apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga dapat diaplikasikan sesuai ketentuan. Manajemen PTPN I berharap dengan adanya sosialisasi tersebut dapat diaplikasikan sesuai dengan ketentuan/prosedur dan kerjasama terus berlanjut

PTPN I yang memilki jumlah tenaga kerja enam ribuan yang tersebar di kebun dan pabrik merupakan peserta BPJS  Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Kerjasama antara BPJS ketenagakerjaan dan mitra kerja fasilitas kesehatan (rumah sakit, klinik, puskesmas) dalam memberikan perlindungan berupa proses perawatan bagi tenaga kerja yang mengalami kasus kecelakaan kerja.

Personel dari tim BPJS selaku nara sumber memaparkan/menjelaskan  tentang prosedur jaminan kecelakaan kerja, kriteria kecelakan kerja dan prosedur pelaporan jaminan kecelakaan kerja (JKK). Mereka juga menjelaskan hal-hal yang tidak ditanggung oleh  BPJS Ketenagakerjaan.

Program Jaminan kecelakaan kerja memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Kecelakaan kerja yang terjadi akibat hubungan kerja, termasuk penyakit yang timbul karena hubungan kerja, demikian pula kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari rumah menuju tempat kerja dan pulang ke rumah melalui jalan yang biasa atau wajar dilalui.

Ruang lingkup kecelakaan kerja adalah sejak tenaga kerja berangkat dari rumah dan berada di jalan umum menuju  ke tempat kerja/kantor atau melalui ke tempat lain sesuai perintah dan ada hubungan dengan tugas serta melalui jalan yang wajar.

 

 

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan