SPBUN PTPN I MENGIKUTI LOKAKARYA DI JAKARTA

Langsa, 26-2-2019 Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (FSP BUN) adalah wadah Organisasi Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN I s/d XIV (Persero) serta Serikat Pekerja Perkebunan pada Asosiasi, Lembaga dan Anak Perusahaan Tingkat Perusahaan Lingkup BUMN Perkebunan  yang dilahirkan secara bottom up pada era reformasi tanggal 14 April 1998, dibentuk berdasarkan Kepmenaker No. 5 Tahun 1998 tentang Pendaftaran Serikat Pekerja dan Undang-Undang N0.21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh.

Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (FSP BUN) berfungsi  sebagai mitra kerja manajemen dan stakeholder lainnya, sesuai dengan pasal 4 ayat (c) Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2000 yang menyatakan bahwa serikat pekerja berfungsi sebagai sarana menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkorelasi mempersatukan, memupuk kesetiakawanan serta mempererat tali persaudaraan dengan membela dan memperjuangkan hak dan kepentingan pekerja dan keluarganya, sehingga kesejahteraan pekerja dapat tercapai.

Sejalan dengan tugas hari-hari Sarikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) yang di ketuai oleh Adi Yusfan yang didampingi  pengurus pleno (Syaifullah, Sri Julia dan M. Yacob . AR) menghadiri undangan Ketua Umum Federasi Sarikat Pekerja Perkebunan Nusantara (Tuhu Bangun) untuk mengikuti lokakarya di Jakarta. Lokakarya dimaksud dilaksanakan di Ballroom Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada tanggal  21-22 Februari 2019 dengan agenda lokakarya Nasional FSPBUN.

Sebelum pelaksanaan lokakarya  masing-masing ketua federasi PTPN  I s.d XIV memenuhi undangan  Presiden Republik Indonesia bapak Jakowi ke Istana Negara dalam rangka silaturrahmi dan peserta melanjutkan kegiatan lokarkarya di Hotel Grand Sahid Jaya. Lokakarya tersebut dengan tema “Transformasi BUMN Perkebunan” dan sub tema “Mau Dibawa Kemana BUMN Perkebunan” dan sebagai pemateri saat itu  Menteri Badan Usaha Milik Negara (Ibu Rini Soemarno). Ibu Rini menyampaikan dalam materinya bahwa Sarikat pekerja perkebunan (SPBUN) harus bersatu dan bersnergi dengan manajemen untuk kemajuan perusahaan.

Dengan dilaksanakan lokakarya tersebut diharapakan dapat membawa kemajuan perusahaan dengan tujuan  Menjadi serikat pekerja yang mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan tetap mempertimbangkan kemampuan perusahaan secara berkesinambungan.

Sesuai dengan visi Menjadikan Federasi Serikat Pekerja – Perkebunan (FSP-BUN) Organisasi yang tangguh, cerdas, mandiri, bertindak secara global, aspiratif, profesional, mampu tumbuh dan berkembang secara independen. Dan misi Menjunjung tinggi Undang-Undang Ketenagakerjaan dan AD/ART serta musyawarah organisasi untuk melindungi, membela, mempertahankan hak-hak dan kewajiban pekerja dengan berwawasan lingkungan, serta unggul dalam pengembangan sumber daya manusia dan teknologi untuk menuju : “perusahaan sehat karyawan sejahtera”

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan