Dekarindo Akan Dirikan Institut Teknologi Karet

JAKARTA – Dewan Karet Indonesia (Dekarindo) berencana mendirikan Institut Teknologi Karet agar pengolahan karet bisa lebih luas. Pasalnya, selama ini pengolahan hanya fokus pada ban saja. “Kami berencana mendirikan Institut Teknologi Karet supaya bisa berkembang jangan di ban saja," kata Ketua Umum Dekarindo Azis Pane.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Produsen Ban Indonesia (APBI) ini mengatakan institut tersebut rencananya berupa sekolah untuk jenjang S2. Dalam proyek ini Dekarindo bekerja sama dengan salah satu balai penelitian. "Saat ini masih dalam tahap penjajakan," ujar Azis.

Sementara itu, pihaknya menyambut baik dukungan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian yang mendorong industri vulkanisir ban. Menurutnya, sektor ini juga dapat meningkatkan serapan karet karena pada prosesnya menggunakan telapak ban yang ditempelkan pada ban yang sudah dihaluskan.

Dalam waktu dekat, Kemenperin akan menerapkan standar proses produksi ban vulkanisir yang baik atau good manufacturing practice (GMP). Standar ini bertujuan untuk menjaga kualitas produk, terutama dari industri kecil dan menengah.

 

Sumber : https://sawitplus.co/news/detail/9346/dekarindo-akan-dirikan-institut-teknologi-karet

 


Kategori Berita