PTPN VII Gelar Kick off Implementasi ERP Kedua

Untuk kedua kalinya, PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VII menggelar acara Kickoff Implementasi ERP SAP HANA di ruang Rapat Lantai I Kantor Direksi PTPN VII, Senin (13/11/2017).

Hadir dalam acara tersebut Direktur Holding HMC dan Umum Seger Budiarjo, Direktur Operasional PTPN VII Sukarnoto, Deputy Executif Vice Presiden PT Telkom Suhartono, General Manager Segmen Manufacturing dan Agribisnis PT Telkom Dwi Sulistiani, Direktur Keuangan dan Operasional PT SISI Andoyo Puji Raharjo, Vice Presiden Marketing Dimas Fajar Dinata, dan Senior Consultant Exper Machmudi serta para General Manajer Distrik, Kepala Bagian dan Manajer Unit PTPN VII.

Direktur Holding HMC dan Umum Seger Budiarjo dalam sambutannya mengatakan untuk menjalankan sistem SAP ERP ini ada beberapa hal yang harus diselesaikan oleh PTPN VII. Saat ini masih dalam tahap penyusunan pedoman.  “Diharapkan tahun 2018 target penyelesaian pedoman ERP sudah diselesaikan, dan dapat diimplementasikan di seluruh PTPN," katanya.

Dibandingkan dengan pelaku bisnis lain yang non perkebunan seperti pelaku industri dan sektor lain, PTPN memang tertinggal dalam penerapan teknologi informasi. “Namun. meskipun tertinggal yang kita susun dan targetkan tahun depan harus diselesaikan,” katanya.

Dari hasil mapping Teknologi Informasi merupakan salah satu masalah yang harus ditindaklanjuti oleh tim holding PTPN.  Ada lima permasalahan hasil maping tim holding yang harus diselesaikan pada tahun ini yakni dari sisi productivity, finansial, SDM, TI  serta on farm dan off farm.

Secara finansial, Holding sudah melakukan restrukturisasi keuangan di PTPN VII. Namun restrukturisasi ini juga harus dievaluasi ulang, atas efektivitas dilakukan financial performance yang telah dicapai.

Pada kesempatan itu, Seger Budiharjo juga menegaskan kepada seluruh insan PTPN VII yang hadir agar tidak risau dengan kondisi perusahaan PTPN VII saat ini. Seraya menambahkan optimism atas prospek PTPN VII menjadi perusahaan yang lebih baik lagi pada tahun 2019 nanti.

Namun, tegas Seger, seluruh karyawan PTPN VII dari lini bawah hingga paling atas harus berkomitmen untuk mengejar produksi dengan kerja keras, tulus dan ikhlas, sesuai tagline yang diluncurkan Holding.

“Mari kita semua melakukan perbaikan, tunjukkan kinerja yang lebih baik lagi. Keterbukaan merupakan salah satu kepercayaan perbankan kepada kita. Mari kita pegang kepercayaan yang sudah kita dapatkan,” katanya.

Untuk menggapai keberhasilan, seluruh insan PTPN VII harus menyadari dan mengikuti perubahan sistem. Bila tidak mengikuti perubahan, maka kita akan tertinggal.  Manajemen PTPN VII yang diwakili oleh Direktur Operasional PTPN VII Sukarnoto  turut mengapresiasi  kehadiran  Direktur HMC dan Umum Holding atas motivasi yang diberikan kepada jajaran insan di PTPN VII.

Dalam laporan yang disampaikan Direktur Operasional menyebutkan bahwa PTPN VII  focus dalam menjalankan program yang dicanangkan dengan membentuk tim ERP terdiri atas 22 orang karyawan, yang ditugaskan secara khusus untuk menangani ERP ini. “Diharapkan tim ini dapat menjadi konsultan internal dalam menjalankan aplikasi ERP sebagai proses bisnis,” tegasnya. (Sekretariat Perusahaan PTPN VII).


Kategori Berita
Sub Kategori E-procurement