PTPN VII Padang Pelawi gelar Donor Darah

PADANGPELAWI—Mobil Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Bengkulu itu harus menempuh perjalanan 70-an kilo meter untuk menuju PTPN VII Unit Padang Pelawi. Hari itu, Selasa (10/12/19), puluhan karyawan perusahaan BUMN itu sudah menunggu untuk menjalankan misi kemanusiaan. Yakni, donor darah sukarela.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan PTPN VII Unit Padang Pelawi itu mendapat respons yang cukup baik dari karyawan dan masyarakat sekitar. Hari itu, agenda dengan tema “Setetes Darah Menyelematkan Sesama” ini berhasil mengumpulkan 36 kantong darah dari 50 orang pendonor.

Manajer PTPN VII Unit Padang Pelawi Hendra Putra mengatakan, aksi sosial donor darah ini sebelumnya diadakan di Distrik Bengkulu. Namun, sejak beberapa bulan terakhir, pihaknya ingin mendekatkan karyawan dan relawan donor darah ke tempat yang lebih dekat.

“Kegiatan sosial ini sebagai wujud kepedulian kami dalam membantu PMI Provinsi Bengkulu untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Bengkulu. Dulu, kami datang ke Distrik Bengkulu untuk donor darah. Karena jauh, jumlah pendonor yang datang tidak banyak. Dan alhamdulillah, hari ini kita bisa datangkan PMI ke sini,” kata dia.

Hendra mengatakan, dengan kegiatan donor di “rumah sendiri”, jumlahnya jauh lebih banyak dari pada harus ke Bengkulu. Namun demikian, ia mengaku masih belum maksimal mendatangkan dan mengimbau para karyawan untuk donor.

“Nanti untuk agenda selanjutnya, insyaalloh setiap tiga bulan, kami akan kampanye lebih baik lagi sehingga lebih banyak yag ikut. Sebab, ini penting sebagai ukuran tingkat kesadaran dan kerelaan karyawan kita pada aksi kemanusiaan,” tambah dia.

Meskipun demikian, dia sangat mengapresiasi para karyawan telah suka rela mendonorkan darahnya. Hal ini, kata dia, adalah  wujud kesadaran karyawan untuk membantu sesama dan dalam menjaga kesehatan.

Ke depan, kegiatan donor darah ini akan menjadi agenda tiga bulanan Unit Padang Pelawi. hendra menghimbau kepada seluruh karyawan untuk ikut berpartisipasi, juga masyarakat sekitar, termasuk beberapa stackholder.

Sementara dr. Dediansyah Priantoro dari PMI Provinsi Bengkulu menyatakan terima kasih kepada PTPN VII Unit Padang Pelawi yang berprakarsa menggelar donor darah massal. Jarak yang cukup jauh tidak menjadi masalah bagi PMI untuk menjemput rasa kemanusiaan yang tumbuh di masyarakat, terutama para karyawan PTPN VII.

“Ini sangat baik. Kami dengan senang hati melayani kelompok masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya. Berapapun jumlahnya, itu urusan teknis. Yang pasti, mengundang kami adalah keterpanggilan yang harus kami hargai. Hari ini baru 50, saya yakin kegiatan berikutnya pasti lebih lagi,” kata dia.

Menurut Dedi, donor darah selain bernilai kemanusiaan, juga menyehatkan pendonor. Sebab, kata dia, dengan berkurangnya darah dalam tubuh, sel-sel darah baru akan terbentuk kembali dengan kesegaran yang lebih baik. Pendek kata, donor darah akan membuat tubuh kita sehat,” kata dia. (HUMAS PTPN VII)


Kategori Kegiatan
Sub Kategori Berita