PTPN VII Siap Berikan Informasi Publik Secara Terbuka

PT Perkebunan Nusantara VII berkomitmen untuk memberikan pelayanan informasi kepada publik secara transparan, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Transparansi merupakan salah satu prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang mendasari peran perusahaan dalam pengelolaan data dan informasi publik dengan tetap memperhatikan ketentuan terhadap informasi yang dikecualikan untuk diberikan yang bersifat terbatas dan rahasia,” kata Sekretaris Perusahaan Yarnis Alisyahbana.

Menurutnya, ada tiga katagori informasi yang dapat diberikan kepada pemohon informasi yakni informasi yang disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan serta-merta, dan informasi yang tersedia setiap saat.

Pelayanan informasi publik dilaksanakan sesuai dengan mekanisme alur pelayanan informasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan prinsip cepat, tepat waktu dan sederhana.

Dalam pengelolaan informasi, tambahnya, ada pengelolaan dilaksanakan oleh Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). PPID bertanggung jawab di bidang layanan Informasi Publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan dibantu oleh Pejabat Fungsional PPID yaitu Kepala Sub Bagian Protokoler, Humas dan Biro Direksi.

Hingga semester I Tahun 2017, jumlah permohonan informasi publik yang diterima berjumlah Sembilan. Permohonan informasi tersebut dipenuhi dalam jangka waktu maksimal 10 hari. Dari Sembilan pemohon informasi hanya 7 informasi yang dikabulkan, sedangkan untuk dua informasi yang diminta ditolak. Ini karena permintaan informasi bersifat rahasia dan terbatas untuk internal perusahaan. Ketujuh informasi yang diberikan diantaranya mengenai harga komoditas, informasi pembelian  bibit dan informasi lowongan kerja.


Kategori Artikel
Sub Kategori Berita