Harga Karet Tocom Naik 1 Persen Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

Harga karet Tocom pada perdagangan Jumat siang (07/10) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2017 naik terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah AS bertahan di atas $ 50 per barel pada perdagangan hari Jumat di sesi Asia karena keseluruhan kurva minyak mentah kurva maju naik di atas permukaan yang menandakan bahwa pasar keuangan telah meningkatkan kepercayaan di sektor ini.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik7 sen atau 0,14 persen pada $ 50,51 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka internasional Brent sudah pindah lebih dari $ 50 pada awal pekan ini, dan diperdagangkan pada $ 52,56 per barel, naik 5 sen atau 0,10 persen.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Lanjutkan Penguatan Mengatasi $ 50

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2017 siang ini berakhir naik sebesar 1,8 yen atau 1,05 persen pada posisi 173,70 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 171,90 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan potensi kenaikan minyak mentah. Namun perlu dicermati pergerakan mata uang Yen.

Harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 179,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 184,00 yen. Sementara itu jika harga turun akan menemui Support di posisi 169,00  yen dan 164,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

http://vibiznews.com/2016/10/07/harga-karet-tocom-naik-1-persen-terbantu-kenaikan-minyak-mentah/

Kategori Artikel