PTPN IX TERIMA KUNJUNGAN KERJA KOMISI IV DPR RI

Kunker Komisi IV DPR RI

Kamis (8/6), Tim Panja Perkebunan Komisi IV DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja dalam rangka peninjauan ke Pabrik Gula Tasikmadu PT Perkebunan Nusantara IX kabupaten Karanganyar provinsi Jawa Tengah.

 

Tim Panja yang diketuai oleh Edhy Prabowo dalam kunjungannya melakukan diskusi dengan berbagai pihak antara lain Direktur Utama PTPN IX (Budi Adi Prabowo), Dirjen Perkebunan (Bambang) serta Bupati Karanganyar (Juliyatmono).

Kunker Komisi IV DPR RI

Edhy menyampaikan, semua pihak harus mampu bersinergi dengan seimbang dari segi off farm maupun on farm agar mampu mewujudkan program swasembada gula yang dicanangkan oleh Pemerintah RI. Edhu juga meminta PT Perkebunan Nusantara IX dan PEMDA setempat saling mendukung dalam  mewujudkan target  1000 Ha lahan tebu di Jawa Tengah pada tahun 2017.

 

Dirjen Perkebunan menambahkan, kepedulian pada petani mulai soal kredit murah, ketersediaan bibit, alat pertanian, harus diberikan. ‘’Kredit murah bisa diberikan subsidi dari pemerintah agar bunga petani tebu bisa murah. Alat pertanian dibantu dengan syarat ada regrouping lahan. Sebab alat akan efektif jika lahan bisa disediakan minimal lima hektare.’’ Padahal, saat ini petani hanya memiliki lahan relatif kecil, sehingga harus ada regrouping lahan agar alsintan bisa diberikan.

 

Kunjungan kerja ditutup dengan peninjauan langsung ke Pabrik Gula dan napak tilas pergulaan  Indonesia khususnya di Jawa Tengah dengan mengamati peninggalan industri gula dari abad 19 Rumah Dinas Administratur/ Manager Pabrik Gula Tasikmadu.

Kunker Komisi IV DPR RI Kunker Komisi IV DPR RI

 

Kategori Kegiatan