Produk

Produk

Kantong Satu Merek

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada petani dan menjamin kualitas yang baik, menghilangkan fanatisme terhadap produk pabrik tertentu pada suatu daerah serta mempermudah pengawasan maka Pupuk Indonesia menerapkan kebijakan penggunaan kantong bersama untuk produk pupuk Urea Bersubsidi. Penggunaan kantong bersama tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian dalam Rapim bulan Desember 2011.  

Penggunaan kantong Urea Bersubsidi satu merk (logo baru) dimulai pendistribusiannya ke gudang lini III di Kabupaten terhitung mulai tanggal 1 Mei 2012, dimana pada kantong tersebut dicantumkan bag code agar produk yang didistribusikan mudah ditelusuri bila terjadi penyimpangan.

 

Pewarnaan Produk

Dalam rangka pengamanan dan menghidari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam penyaluran pupuk bersubsidi maka dilakukan pencirian warna pada pupuk urea yang semula berwarna PUTIH menjadi pupuk Urea berwarna PINK (merah muda) sedangkan pupuk ZA menjadi warna orange.

Perubahan warna pupuk Urea dan ZA tidak mengubah komposisi dan kandungannya, tetap aman gunakan, ramah lingkungan dan tidak meracuni tanaman karena bahan pewarna yang digunakan terbuat dari bahan organik yang tidak berbahaya bagi tanaman dan larut dalam air.

Fungsi pewarnaan pupuk Urea & ZA antara lain untuk membedakan antara pupuk bersubsidi dengan pupuk untuk komersil dan melapisi butiran pupuk sehingga lebih kuat.

Pencirian warna pada pupuk Urea dimulai sejak 1 Januari 2013 seluruh penyaluran Urea Bersubsidi menggunakan Urea berwarna Pink sedangkan untuk pupuk ZA Orange berlaku mulai 1 April 2013.

 

PT Pupuk Indonesia (Persero) membawahi sejumlah anak perusahaan yang memproduksi pupuk dan supporting bisnis sebagai berikut:


PT Petrokimia Gresik (PKG)
memproduksi dan memasarkan pupuk urea, ZA, SP-36/18, Phonska,DAP, NPK, ZK, dan industri kimia lainnya serta pupuk organik

PT Pupuk Kujang (PKC)
memproduksi dan memasarkan pupuk urea, NPK, organik dan industri kimia lainnya

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)
memproduksi dan memasarkan pupuk urea, NPK, organik dan industri kimia lainnya
 

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)
memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan industri kimia lainnya

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP)
memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan industri kimia lainnya serta pupuk organik

PT Rekayasa Industri (Rekind)
bergerak dalam penyediaan jasa engineering,procurement,& construction (EPC)

PT Mega Eltra (ME)
bergerak dalam bidang usaha perdagangan umum dan jasa konstruksi

PT Pupuk Indonesia Logistik (PILog)
bergerak dalam bidang usaha jasa pelayaran dan jasa angkutan laut

PT Pupuk Indonesia Energi (PIE)
bergerak dalam bidang jasa pembangkitan energi lsitrik dan utilitas

PT Pupuk Indonesia Pangan (PIP)
bergerak dalam bidang perindustrian dan perdagangan di bidang pertanian yang komprehensif dalam rangka mendukung ketahanan pangan