Layanan

Layanan

Kegiatan operasional PIHC Group bergerak di bidang industri pupuk, petrokimia dan agrokimia, steam (uap panas) dan listrik, pengangkutan dan distribusi, perdagangan serta EPC (Engineering, Procurement and Construction).

Engineering, Procurement & Construction (EPC)

PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya PT Rekayasa Industri (Rekind) juga melakukan usaha di bidang Jasa Rancang Bangun/Perekayasaan, Pengadaan dan Konstruksi yang berbasis pada bidang usaha Mineral-Environment-Infrastructure, Geothermal, Refinery/Petrochemical dan Gas. Lingkup pekerjaan Rekind termasuk didalamnya adalah Project Conception (Feasibility Study, Technology Arrangement, Project Initiation Assistance) dan Project Execution (Project Management, Basic Engineering, Detail Engineering, Procurement, Construction, Start-Up dan Commissioning). Selanjutnya, dalam bidang Rancang Bangun/Perekayasaan, Perusahaan memanfaatkan software (perangkat lunak) yang sudah terbukti secara Internasional, seperti Computer Aided Design (CAD) dan Plant Design System (PDS) dengan kemampuan 3 (tiga) dimensi modeling yang digunakan dalam Project Execution. Sedangkan untuk bidang pengadaan, Perusahaan melakukan kemitraan dengan pemasok yang terpilih melalui pelelangan. Pemenang yang dipilih merupakan yang terbaik dari segi harga dan kualitas sehingga menjadi salah satu keunggulan bersaing Perusahaan. Di bidang konstruksi, Perusahaan mempunyai tenaga kerja yang handal dan ahli di bidangnya dengan program kerja yang terkoordinasi dan terintegrasi untuk semua disiplin ilmu.

 

Plant Services

Perusahaan melayani Jasa Pelayanan Pabrik (JPP) dengan menyediakan layanan untuk mendukung kegiatan operasional pabrik, yang meliputi antara lain: Jasa Start-up pabrik ammonia/urea Pembuatan komponen Casting seperti Impeller, casing, dan lain-lain Perancangan/pembuatan spare-part dan peralatan pabrik Pengujian mekanik, metalurgi dan metrology Pelaksanaan Turn Around dan Preventive Maintenance pabrik Perbaikan shut down/break down pabrik Pengujian dan analisis laboratorium Inspeksi teknis untuk static equipment maupun rotating equipment Jasa pemeliharaan di luar Anggota Holding PT Pupuk Indonesia (JVC, Project, dan sebagainya)

 

Perdagangan

PT Pupuk Indonesia menjalankan usaha distribusi dan perdagangan pupuk seperti pupuk jenis urea dan urea untuk kebutuhan sektor pangan dan kebun. Selain itu perusahaan juga memperdagangkan bahan bangunan, herbisida dan cat yang diproduksi oleh anak perusahaan Mega Eltra yaitu PT Sigma Utama yang memproduksi cat untuk keperluan kelautan, perkapalan dan bangunan lepas pantai atau dikenal dengan MOPC (Marine, Offshore and Protective Coating)

 

Logistik

PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pupuk Indonesia Logistik merupakan supporting business (bisnis pendukung) untuk memperkuat pola distribusi dan logistik Grup Pupuk Indonesia. Dengan adanya PT Pupuk Indonesia Logistik risiko-risiko tidak tersalurnya pupuk keseluruh wilayah Indonesia dapat dimitigasi dan memenuhi kebutuhan atas pelaksanaan penugasan dari Pemerintah dalam hal distribusi pupuk bersubsidi produksi perusahaan grup PIHC untuk mencapai sasaran 6 (enam) tepat (harga, kualitas, jumlah, waktu, tempat, jenis).

 

Steam & Listrik