Ajang Kompetisi RNI Award Kembali Di Gelar

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan semangat inovasi dan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang telah ditorehkan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) kembali menggelar event dua tahunan RNI Award. Acara yang pada tahun ini mengangkat tema “Go Global” tersebut di gelar dari tanggal 3 – 6 April 2018, bertempat di Kawasan Gading Serpong – BSD, Tangerang Selatan. Seperti pada perhelatan tahun sebelumnya, RNI Award 2018 menghadirkan sejumlah side event, diantaranya perlombaan, pameran, panggung hiburan, seminar, dan perayaan malam puncak.

Dari serangkaian acara tersebut, berbagai perlombaan yang digelar menjadi daya tarik utama bagi Anak Perusahaan untuk mengirimkan karyawan dan karya terbaiknya di ajang ini. Tidak kurang dari 15 perlombaan dipertandingkan, yaitu Best Supervisor, Best Foreman, Lomba Pentas Seni, Lomba Vlog, Karya Inovasi, Best Annual ReportBest Corporate GovernanceBest Performance Business Execelence, Implementasi KPKU Partial, Best Subsidiary Company, Best Financial Performance Company, Best Trading Unit, Best Manufacturing Unit, Best Operating Company, dan Best CEO.

Rangkaian acara di mulai pada tanggal 3 April 2018, di awali dengan penjurian beberapa kategori. Kemudian dilanjutkan dengan Innovation Expo dan Pentas Seni, Kamis, 5 April 2018, bertempat di Royalballroom The Spring Club, Gading Serpong, Tangerang Selatan, yang dibuka oleh Direktur Pengendalian Usaha RNI Agung P. Murdanoto. Turut mendampingi pada kesempatan tersebut Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Djoko Retnadi dan Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Sutiyono.

Menurut Agung, melalui RNI Award manajemen ingin memberikan apresiasi bagi anak perusahaan serta karyawan yang telah memberikan sumbangsih nyata dalam memajukan perusahaan. “Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, Eksebisi Inovasi RNI Award selalu menjadi daya tarik bagi seluruh entitas perusahaan untuk berlomba-lomba menampilkan inovasi terbaik, maka tidak heran seluruh Anak Perusahaan RNI Group berpartisipasi mengirimkan karya inovasinya. Dari 80 karya yang masuk terpilih 20 inovasi terbaik yang kemudian dipamerkan dalam pameran Innovation Expo,” katanya Agung.

Karya inovasi yang dipamerkan berasal dari berbagai bidang usaha yang digeluti RNI. Dari bidang farmasi dan alat kesehatan salah satunya, dari bidang ini PT Mitra Rajawali Banjaran mengangkat inovasi seputar mekanisme percepatan sterilisasi dalam proses pembuatan jarum suntik. Sebelumnya proses sterilisasi harus dilakukan dalam jangka waktu 4-6 jam kini dapat dipangkas menjadi 2 jam. Selain itu, ada juga inovasi berbasis teknologi informasi yang diusung PT PG Rajawali I, yaitu Sistem Monitoring kebun atau “Simontok”. Inovasi-inovasi tersebut diharapkan dapat berdampak pada efisiensi, efiktifitas dan penurunan harga pokok produksi.

Pada acara Pentas Seni, tampil beragam kesenian tradisional hingga modern.  Perlombaan karya seni bertujuan untuk mengapresiasi bakat-bakat seni yang tersebar di RNI Group. Selain itu juga sebagai bentuk partisipasi RNI dalam merawat seni budaya bangsa. RNI seperti miniatur Indonesia dengan Anak Perusahaan dan cabang yang tersebar dari barat hingga timur nusantara. Maka, tidak heran dalam event tersebut banyak Anak Perusahaan yang menampilkan kebolehannya dalam membawakan kesenian tradisional setempat.

Malam harinya acara dilanjutkan dengan gelaran Welcome Dinner. Dengan stelan sport casual, seluruh tamu dan peserta RNI Award 2018 membaur memadati restoran yang berlokasi di Damai Indah Golf, Gading Serpong, Tangerang Selatan. Acara tersebut menjadi memomentum ramah tamah dan reuni atar karyawan RNI Group, sekaligus bentuk penyambutan dan ucapan terima kasih manajemen kepada seluruh tamu dan peserta yang telah kompak dan bersinergi mensukseskan RNI Award 2018. Tidak hanya sekedar perjamuan, dalam acara tersebut juga dibacakan pemenang untuk beberapa kateori, seperti Best SupervisorBest Foreman, Lomba Vlog, Karya Innovasi Juara Harapan, Best Annual ReportBest Corporate GovernanceBest Perfect Bussines Excelent (KPKU), Implementasi Kpku Parsial, dan puncaknya Awarding Lomba Pentas Seni yang dimenangkan oleh PT Phapros Tbk sebagai juara pertama.

Dalam sambutannya Direktur Keuangan dan SDM M. Yana Aditya mengatakan, sangat bangga terhadap berbagai karya inovasi yang telah dipamerkan dalam RNI Innovation Expo. Ia mengatakan, hal tersebut merupmenunjukan bahwa Insan RNI memiliki daya saing dan kemampuan inovasi yang baik.

 

Seminar dan Gala Dinner

Keesokan harinya, Jumat 6 April 2018, digelar dua acara utama, yaitu Talk Show RNI Global Economic Outlook dan Gala Dinner. Berbeda dari tahun 2016, dalam RNI Award tahun ini RNI menyisipkan satu acara talk show yang menghadirkan pembicara CEO BUMN yang dianggap telah berhasil menerapkan transformasi dan sustainability di perusahaannya. Cara yang dipandu oleh Moderator Tina Talisa tersebut dihadiri oleh Jajaran Direksi RNI, Direktur Anak Perusahaan RNI GroupGroup Head dan Head RNI, serta para manager dan karyawan.

Didik mengatakan, RNI Global Economic Outlook 2018 baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Melalui acara ini RNI ingin lebih banyak mendengar pengalaman CEO BUMN lain tentang Corporate Sustainability Activities, sebagai input untuk mempertahankan tren kinerja positif RNI pada tiga tahun terakhir serta untuk menggapai visi menuju pasar global.

Dirut PT Djakarta Lloyd (Persero) Suyoto tampil sebagai pembicara pertama. Dalam paparannya Suyoto berbagi soal penanganan perusahaan dalam masa kritis. Ia menceritakan pengalamannya membawa salah satu perusahaan pelayaran terbesar Tanah Air tersebut kembali “melaut” setelah cukup lama bersandar.

Pembicara kedua adalah Dirut PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Tumiyana. Dalam paparannya Ia mengatakan salah satu kunci keberhasilan PP adalah pengembangan SDM yang mengedepankan generasi muda sebagai motor penggeraknya. Sebagai pemimpin salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia yang telah sustain dengan bisnisnya, diharapkan Insan RNI yang hadir dalam forum tersebut dapat memetik banyak value, terlebih saat ini RNI sedang menjajaki pengembangan bisnis baru dalam bidang properti.

Setelah melalui berbagai rangkaian acara, akhirnya gong yang dinanti-nanti tiba juga. Gala Dinner menjadi puncak dari seluruh acara RNI Award 2018. Selama lebih dari 5 jam, Insan RNI tak henti-hentinya dibuat terpukau oleh setiap kejutan yang dihadirkan di tengah-tengah acara.

Penghargaan demi penghargaan dibacakan oleh duet MC Roby Purba dan Yuanita Christiani. Wajar apabila keluarga besar PT Phapros menjadi kelompok yang paling berbahagia malam itu, hampir semua kategori bergengsi berhasil mereka bawa pulang, seperti Karya Inovasi, Best Subsidary Company, Best Financial Perform Company, Best Operating Company, dan Best CEO.

Kemunculan artis nasional menjadi penutup yang sulit untuk dilupakan malam itu. Afgan, Rossa, dan Iis Dahlia bergantian melengkapi kegembiraan, semua ceria dan bersuka cita merayakan Inovasi dan optimisme untuk RNI kedepan yang lebih baik. (Humas RNI)


Kategori Artikel