RNI BERANGKATKAN 1.020 PEMUDIK DENGAN KAPAL LAUT

JAKARTA – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melakukan pelepasan Mudik Bareng BUMN Idul Fitri 1440 H untuk pemudik yang menggunakan moda Kapal laut. Pelepasan dilakukan di tiga lokasi yaitu, Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah, pada Minggu, 26 Mei 2019, Pelabuhan Pontianak Kalimantan Barat dan Pelabuhan Makassar Sulawesi Selatan pada Selasa, 28 Mei 2019. Pada tahun ini RNI memberangkatkan 1.500 pemudik, 1.020 pemudik diberangkatkan dengan kapal laut.

Pada pelepasan pemudik di Pelabuhan Kumai, RNI yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Head Personalia dan Umum Welly Bend dan Ketua Cabang PT Rajawali Nusindo Palangkaraya Rusli melepas sebanyak 300 penumpang tujuan Semarang yang berangkat dengan menggunakan Kapal Kelimutu milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Tingginya minat pemudik, menjadikan tahun ini merupakan tahun kedua RNI memilih Kumai-Semarang sebagai salah rute keberangkatan pemudik kapal laut.

Sementara itu, Pelepasan Pemudik di Pelabuhan Pontianak dilakukan oleh RNI bersama dengan PT PLN (Persero) sebagai BUMN yang sama-sama menggunakan Kapal dengan trip Kumai-Semarang. Turut hadir pada kesempatan tersebut perwakilan pemerintah setempat serta Group Head Umum sekaligus Ketua Tim Mudik Gratis RNI Edwin Elfian Lubis, Head Komunikasi Korporasi RNI Herbudi Desaryanto, dan Kelapa Cabang Rajawali Nusindo Pontianak Des Yulius. Pada kesempatan tersebut diberangkatkan 300 pemudik dengan menggunakan Kapal Bukit Raya milik PELNI.

Usai pelepasan di Pontianak, masih di hari yang sama, RNI juga menggelar pelepasan pemudik kapal laut di Pelabuhan Makassar. Turut hadir pada kesempatan tersebut Group Head Keuangan RNI M. Najib serta Kepala Cabang Rajawali Nusindo Makssar Samuel. Pada kesempatan tersebut RNI memberangkatkan 200 pemudik dari pelabuhan Makassar menuju Surabaya dengan menggunakan Kapal Sinabung. Adapun untuk trip Makassar-Surabaya terbagi kedalam dua kali keberangkatan yang selanjutnya akan dilaksanakan pada 3 Juni dengan memberangkatkan 220 pemudik sehingga total menjadi 420 pemudik.

Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN dengan menggunakan moda Kapal Laut telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir oleh RNI. Menurut Edwin, Untuk moda kapal laut, RNI akan memberangkatkan 1.020 orang pemudik melalui 3 titik keberangkatan, yaitu Pontianak-Surabaya, Kumai-Semarang, dan Makassar-Surabaya. Dalam pelaksanaannya RNI menjalin kerjasama dengan PELNI serta PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero) sebagai pengelola pelabuhan.

Selain itu, RNI juga memberangkatkan pemudik dengan menggunakan moda bus, sebanyak 480 orang pemudik dengan 12 armada yang diberangkatkan pada tanggal 30 dan 31 Mei 2019 dari Kantor Pusat RNI di Kuningan, Jakarta ke Semarang, Yogyakarta, Solo, Kudus, Surabaya, Malang, dan Padang. Secara total pada tahun ini RNI memberangkatkan sebanyak 1.500 pemudik. (Humas RNI)


Kategori Kegiatan
Sub Kategori Berita,Publikasi