Tentang Perusahaan

SEJARAH SARINAH

Dalam pengantar bukunya yang berjudul Sarinah, Soekarno menuliskan “Dari Mbok Sarinah, saya mendapat pelajaran mencintai 'orang kecil'. Ia orang kecil, tapi jiwanya selalu besar”.

Sosok Mbok Sarinah yang merupakan pengasuh Presiden Soekarno telah memberikan warna dalam tonggak perjalanan Sarinah sebagai sebuah Perusahaan. Sarinah merupakan Department Store pertama Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962, saat ekonomi Indonesia sedang runtuh di tahun 1959. Daya beli lemah, taraf hidup merosot sampai level terendah. Ketika Sarinah didirikan, Sarinah memiliki fasilitas tercanggih di zamannya.

Gedung Sarinah yang saat ini berdiri sesungguhnya dibangun dengan biaya pampasan perang pemerintah Jepang yang pembukaan Department Store-nya pada tanggal 15 Agustus 1966. Dalam perjalanannya, Sarinah menghadapi berbagai tantangan, namun Sarinah tetap bertahan dan tidak jatuh. Berbagai tantangan tersebut dibenahi dan Sarinah pun kembali cantik.

Kini......

Di usia yang mencapai 50 Tahun, Sarinah terus tumbuh dan berkembang dalam memberikan pelayanan serta mewarnai Indonesia. Di usia yang mencapai 50 tahun, Sarinah bukanlah terpaku mengenang masa lalu, akan tetapi menghormati mereka yang telah menjadi bagian dari masa lalu, dan yang akan datang. Di usia yang mencapai 50 tahun, Sarinah terus berbenah untuk menjadi profesional. Tetap tampil percaya diri, Sarinah tidak berada dalam arus besar dunia kapital. Sarinah tetap mempunyai arus sendiri. Menjadi Sarinah yang tetap memihak “orang kecil” dengan cara yang berbeda.

Sarinah terus melangkah maju menuju era baru, melakukan upaya perubahan, sebuah transformasi menuju pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan. Sarinah berkeinginan menjadiGreat Company yang mengutamakan kualitas pelayanan serta dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional sehingga memiliki makna di masyarakat untuk mendorong kinerja perusahaan secara berkesinambungan.

Pada awal berdirinya Sarinah, situasi makro ekonomi Indonesia dalam keadaan yang sangat buruk. Oleh sebab itu Sarinah diharapkan akan menjadi stimulator, mediator dan alat distribusi ke masyarakat luas dan menjalankan fungsinya sebagai stabilisator ekonomi, pelopor dalam pengembangan usaha perdagangan eceran (ritel) serta berpartisipasi dalam perubahan struktur perekonomian Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Sarinah telah membantu kepentingan masyarakat kecil sebagai mitra usaha. Hingga saat ini cukup banyak mitra binaan Sarinah baik perorangan, perusahaan maupun koperasi.

Di usia Emas Sarinah, perjalanan belum akan berakhir dan tak mengenal kata akhir. Sarinah akan terus mengalir, karena Sarinah merupakan bagian dari sebuah perjalanan dan Sarinah adalah perjalanan itu sendiri.

Alamat Kantor Pusat, Outlet dan Anak Perusahaan

Kantor Pusat
PT Sarinah (Persero)
Jl. M.H. Thamrin No.11, Jakarta 10350, Indonesia
Tel. (62-21) 319 23008
Fax.(62-21) 331 853, 390 2767
 
Outlet
Jakarta Thamrin
Jl.M.H.Thamrin 11, Jakarta 10350, Indonesia
Tel. (62-21) 3192 3008, Fax. (62-21) 3140250
 
Yogyakarta, Rotowijayan
Jl. Rotowijayan No 3
Yogyakarta
 
Malang Basuki Rachmad
Jl. Basuki Rachmad 2A, Malang 65119
Tel. (62-341) 326 969, Fax. (62-341) 363 039
 
Entitas Anak
 
PT Sari Valuta Asing
Gedung Sarinah Lantai G
Jl. M.H. Thamrin No. 11
Jakarta 10350
 
PT Sariarthamas Hotel International
Jl. M.H. Thamrin No. 6
Jakarta 10340