Semen Indonesia Dorong Anak Usaha Melantai Di Bursa Pada 2020

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah mempersiapkan salah satu anak usahanya yakni Sinergi Informatika Semen Indonesia untuk menggelar initial public offering (IPO) pada 2020.

Hal ini diungkapkan, VP of Commercial Sinergi Informatika Semen Indonesia Prima Suyitno, bahwa pihaknya turut mendorong anak usaha untuk go public.

"Nanti akan kami gunakan untuk ekspansi, kami kan butuh modal tambahan untuk ekspansi ke luar negeri," ujarnya, di Jakarta.

Karena itu, anak usahanya tersebut mulai menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya dengan memproduksi beberapa produk IT baru yang bakalan diluncurkan pada kuartal tiga 2017.

Bahkan, perusahaan juga akan memperbesar produkproduk yang sudah ada yakni Forca ERP.

Dengan begitu, ditargetkan bisa memperoleh pendapatan sekitar Rpl triliun pada 2020.

"Tahun ini, Sinergi Informatika menargetkan pendapatan sebesar Rp 250 miliar. Sekarang, sudah mencapai separuh target tahun ini," klaimnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan anak perusahaan, PT Semen Indonesia Beton (SIB) untuk mendirikan perusahaan patungan tersebut dengan
komposisi kepemilikan Semen Indonesia sebesar 99 persen dan Semen Indonesia Beton sebesar 1 persen.

Ia memperkirakan, kebutuhan untuk membangun perusahaan tersebut diperkirakan mencapai Rp 4 triliun.

"Kebutuhannya bisa mencapai Rp 4 miliar dan modal disetor sekitar Rp 1 miliar. Jumlah modal dasar dan modal disetor ini dilakukan bertahap bertambah sesuai dengan kebutuhan pengembangan PT Semen Indonesia Industri Bangunan," katanya.

Adapun, dana yang digunakan untuk membangun PT Semen Indonesia Industri Bangunan berasal dari kas internal perseroan dan SIB.

Ia menjelaskan, tujuan transaksi yang dilakukan ini sebagai salah satu strategi perseroan untuk menangkap peluang pertumbuhan industri bahan bangunan atau industi hilir semen.

Selain itu. meningkatkan daya saing perusahaan serta meningkatkan sinergi antar anak perusahaan.

Menurut Agung, hasil produksi semen perseroan akan digunakan sebagai bahan baku utama kegiatan usaha PT Semen Indonesia di Industri Bahan Bangunan. "Tujuannya untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja perseroan," katanya. ...

 

Source : Rakyat Merdeka


Kategori Berita