Perdana BPEA 2017, Timah Raih Good Performance

Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BUMN Performance Excellence Award 2017 yang pertama, PT Timah (Persero) Tbk memperoleh penghargaan dengan kategori Good Performance dengan skor tertinggi yaitu 516,5. BUMN Performance Excellence Award 2017 (BPEA) sendiri digagas oleh Forum Ekselen BUMN tahun ini. Yang tidak lain adalah penghargaan kepada BUMN karena telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu.

Perbedaan BPEA dibanding dengan ajang penghargaan lain yaitu berupa apresiasi berupa Piagam Penghargaan atas Excellence Level Perusahaan, yang tidak lain merupakan hasil asesmen yang dilakukan dengan mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2012. Awalnya hanya diikuti oleh 25 BUMN dan kini telah diikuti oleh 93 perusahaan BUMN dari total 109 BUMN.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan, Kementerian BUMN Ahmad Bambang dan Para Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan FEB dengan arahan Kementerian BUMN bekerja keras mensukseskan target strategis Kementerian BUMN.

“Kalau tidak ada action bagaimana mengubah OFI menjadi AFI (Action For Improvement), yang artinya ya hanya sebatas kertas saja. Sehingga assessment ini menjadi tidak ada manfaatnya. Kita harapkan dari masing-masing Perusahaan jangan hanya selesai di Awarding saja. Tolong manajemen melihat dan meyakinkan bahwa OFI nya dapat ditindak lanjuti menjadi AFI dan itu yang akan menjadikan kita menjadi lebih bagus lagi,” tegas Ahmad.

BPEA tahun 2017 memberikan penghargaan kepada 51 BUMN yang telah dinilai memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance. Ada 33 BUMN mendapat penghargaan dengan predikat Good Performance, 14 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader dan 4 BUMN dengan predikat Industry Leader. Semua ini terpilih dari 96 BUMN yang telah mengikuti assessment oleh Tim Asesor KPKU dan yang telah mengikuti seluruh proses pendampingan  assessment oleh Forum Ekselen BUMN.

Sebagai informasi BPEA tahun 2017 menganugerahkan penghargaan kepada 51 BUMN yang dinilai telah memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance. Terhitung 33 BUMN mendapat predikat Good Performance, 14 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader dan 4 BUMN dengan predikat Industry Leader.

“Sejak tahun 2012 BNI telah menerapkan kriteria penilaian kinerja unggul BUMN secara baik dan konsisten sehingga mampu meningkatkan kinerjanya. Kami berharap dengan adanya acara pemberian award dalam BUMN Performance Excellence Award 2017 ini dapat lebih mendorong kinerja unggul dan saling berkelanjutan bagi BNI dan bagi perusahaan BUMN lain,” papar Direktur Kepatuhan & Risiko Perusahaan Imam Budi Sarjito. dalam pembukaan BPEA, di kantor Pusat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, (6/10/17).

Untuk diketahui, konsep KPKU diadopsi dan diadaptasi dari MBCfPE (Malcolm Baldrige Criteria Performance Excellent), yaitu model bisnis ekselen (Business Excellence Model) yang dibangun dengan mengacu pada Global Best Practice dari perusahaan terbaik kelas dunia. Konsep ini dikembangkan dan dikelola oleh National Institute Science and Technology (NIST), Pemerintah Amerika Serikat dan telah diadop berbagai negara di dunia. (Ai/Rls)

Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan,Prestasi