Amankan Aset Perusahaan, PT KAI Divre I SU Gandeng Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut

Mewujudkan sinergi dalam optimalisasi pemanfaatan sumber daya serta mewujudkan kolaborasi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban aset, telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Teknis (PKST) antara PT KAI dengan Kodam I Bukit Barisan dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT KAI Divre I SU dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Rabu (21/9). 

PKST antara Divre I SU dengan Kodam I Bukit Barisan ini berisi tentang kesepakatan mengenai pertukaran data dan pendayagunaan SDM antara kedua belah pihak. Penandatangan PKST antara Divre I SU dan Kodam I Bukit Barisan dilakukan oleh Vice President Divre I SU, Yuskal Setiawan dengan Pangdam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI A. Daniel Chardin, S.E, M.Si.

Adapun lingkup PKST antara Divre I SU dengan Kodam I Bukit Barisan meliputi pertukaran data informasi mengenai kapasitas penumpang, pola operasi, perjalanan KA, potensi kerawanan, keamanan dan ketertiban di wilayah Divre I SU, dan data informasi lainnya yang diperlukan. Sedangkan terkait pendayagunaan SDM meliputi; pendayagunaan SDM sarana dan prasarana perkeretaapian dan operasional kereta api yang bertujuan menjaga keamanan dan ketertiban aset.

Selain itu, dilakukan juga Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara PT KAI Divre I SU dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara terkait Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum Dalam Rangka Penertiban Aset di Lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara. Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Yuskal Setiawan sebagai VP Divre I SU dengan Inspektur Jenderal Polisi Drs. Panca Putra S., M.Si selaku Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Adapun lingkup PKS antara PT KAI Divre I SU dengan Polda Sumut meliputi; pertukaran data dan/atau informasi, pendampingan dan bantuan pengamanan, penegakan hukum, peningkatan kapasitas dan pemanfaatan SDM, pemanfaatan sarana dan/atau prasarana serta bidang lainnya yang disepakati.

“Dengan dilakukannya penandatanganan PKST dan PKS antara PT KAI Divre I SU dengan Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut, kami mengharapkan dukungan pengamanan dan penegakan hukum dalam rangka penertiban aset yang ada di wilayah Divre I SU. Sehingga kami dapat mengoptimalkan pemanfaatan aset dengan baik,” ujar Mahendro Trang Bawono, Manager Humas Divre I SU.

Mahendro menambahkan, untuk mengamankan aset tersebut PT KAI Divre I SU terus melakukan penertiban aset dengan dibantu oleh aparat kewilayahan dan kepolisian sehingga prosesnya berjalan dengan lancar. Hingga Agustus 2022, PT KAI Divre I SU telah melakukan penertiban asetnya berupa tanah seluas 170.612,95 m2 dan bangunan seluas 935,40 m2.

Adapun bangunan yang telah ditertibkan yaitu berupa kios, rumah perusahaan, bangunan dinas, dan bangunan liar. Melalui penertiban tersebut, PT KAI Divre I SU telah menyelamatkan asetnya senilai Rp 90.912.371.900. Dengan dilaksanakannya penandatanganan PKST dan PKS ini tentunya dapat menjadi pedoman serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara PT KAI Divre I SU dengan Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut. (Humas Divre I SU)