IKM (Industri Kecil Menengah) Tembakau Cianjur Belajar Diversifikasi Produk di Puslit Tembakau Jember

Belajar tembakau tidak hanya diminati oleh petani dan pelaku usaha dari provinsi-provinsi yang menjadi lumbung tembakau nasional, namun spirit yang sama juga datang dari salah satu kabupaten di Jawa Barat- provinsi yang  memiliki luas areal dan produksi tembakau big four di Indonesia

Pada 22 Juli 2022, sekitar 40 orang pembina usaha dan pelaku usaha tembakau dari Cianjur bertandang ke Pusat Penelitian Tembakau Jember untuk berburu ilmu mengenai pertembakauan, khususnya diversifikasi produk tembakau.

“Kami di sini membawa rombongan yang terdiri dan 14 IKM tembakau. Selebihnya adalah pembina usaha dari dinas koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur,” terang Judi Adi Nugroho, SE Kepala Bidang Perindustrian Diskuperdagin Kabupaten Cianjur dalam sambutannya.

Dengan kunjungan ini, sambung Judi, kami bisa mendapatkan ilmu untuk mengembangkan tembakau yang ada di Kabupaten Cianjur. Saya harap nanti juga akan ada diskusi antara pembina usaha, pelaku IKM dengan para peneliti dari Puslit Tembakau.

Rombongan mengikuti rangkaian kunjungan seperti meninjau proses pembibitan, melihat demo pembuatan ragam diversifikasi produk tembakau serta diskusi tentang proses pembuatan pillen dan proteksi tanaman.

Diwawancarai secara terpisah, Romy Handari Siregar, ST- JF Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Ahli Muda Diskuperdagin Kabupaten Cianjur mewacanakan tindak lanjut pasca kunjungan.

“Pelaku IKM juga akan kami bekali dengan praktek pengolahan limbah tembakau melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Tembakau. Tentunya ragam jenis pelatihan akan kami sesuaikan dengan SDM pelaku usaha, ketersediaan SDA, dan juga prospek pasar dari produk diversifikasi tembakau yang kelak akan dihasilkan oleh IKM—IKM Tembakau di Cianjur,” pungkas Romy.