KAI Bersinergi dengan BGR untuk Optimalkan Logistik dan Pergudangan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Bhanda Ghara Reksa menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka menjalin kerjasama di bidang logistik dan pergudangan. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama BGR M. Kuncoro Wibowo di Kantor Pusat KAI, Bandung, Jumat (5/3/2021).

MoU tersebut dimaksudkan sebagai komitmen dan landasan bagi kedua perusahaan untuk melaksanakan kegiatan pemanfaatan layanan jasa yang dimiliki kedua perusahaan yaitu pengiriman angkutan barang dengan kereta api untuk menunjang bisnis BGR, pengusahaan aset milik KAI, pemanfaatan pergudangan dan depo kontainer milik BGR, melakukan integrasi logistik termasuk angkutan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan non B3, serta melakukan optimalisasi sumber daya kedua perusahaan.

Selain itu, pada hari ini dibentuk pula Tim Bersama yang terdiri dari pegawai KAI dan BGR dalam rangka menindaklanjuti MoU tersebut. Adapun tugas dari Tim Bersama tersebut adalah menyiapkan rencana kerja, data dan informasi, usulan skema bisnis, serta melakukan koordinasi dengan instansi dan lembaga yang terkait dengan rencana dan implementasi kerja sama sinergi logistik dan pergudangan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan kolaborasi antar BUMN ini bertujuan untuk meningkatkan value kedua perusahaan, anak perusahaan, serta afiliasi kedua perusahaan dengan prinsip saling menguntungkan.

“Hari ini kita menandatangani MoU sekaligus tim kerja. Ayo kita segera jalankan dengan cepat kerja sama ini untuk memberikan suatu nilai tambah bagi kedua perusahaan,” ujar Didiek.

Didiek melanjutkan, kolaborasi menjadi suatu keniscayaan di masa sekarang ini. Ia menilai kolaborasi yang dibangun dengan kombinasi keunggulan di masing-masing pihak, maka akan terbangun kolaborasi efisiensi yang berkelanjutan.

“Saya harapkan apa yang kita lakukan pada hari Jumat ini mendapatkan barokah dan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan,” tutup Didiek.

Sementara Direktur Utama BGR M. Kuncoro Wibowo mengatakan sinergi ini sebagai fondasi penting untuk saling melengkapi dan memberikan yang terbaik. Ia berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan bernilai guna sebesar-besarnya. (Public Relations KAI)