Info BUMN

Dirjen Dikti Ristek Apresiasi Sinergi INKA-Dikti Ristek

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Nizam melakukan peninjauan terkait kerja sama antara Dikti Ristek dengan PT INKA (Persero) yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang telah dimulai bulan Maret 2022 lalu. Peninjauan berlokasi di kantor PT INKA (Persero), Sabtu (18/6).

Nizam menyampaikan bahwa sejak tahun lalu, Dikti Ristek mendorong program kolaborasi antara kampus dengan industri melalui berbagai skema seperti menyiapkan pendanaan pendamping melalui rekrutmen dan melalui program magang bersertifikat kampus merdeka.

"Ikatan antara industri dengan perguruan tinggi inilah yang menjadikan suatu keharusan agar hasil riset dari perguruan tinggi tidak hanya menjadi tulisan, namun berguna di dunia industri," jelas Nizam.

Menurutnya, pihak yang lebih paham terkait kebutuhan dari dunia industri adalah rekan-rekan dari perindustrian sendiri.

"Oleh karena itu, apa yang dibutuhkan oleh industri, kami siap menyiapkan matching fund. Sehingga produk bis merah putih menjadi model yang ideal untuk menggabungkan industri INKA dengan program magang dari perguruan tinggi. Sehingga sinergi antara INKA dengan perguruan tinggi dapat menjadi contoh untuk BUMN lainnya. Dan kami berterima kasih atas kolaborasi antara INKA dengan Dikti yang melibatkan para dosen dan mahasiswa. Semoga ke depannya hubungan dapat terjalin semakin erat," pungkas Nizam.