Info BUMN

Menteri Sosial RI Buka Pameran Foto Indonesia Melalui Bencana

Kantor Berita ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Redaksi Foto Kantor Berta ANTARA menyelenggarakan Pameran Fotojurnalistik bertajuk Indonesia Melalui Bencana (Indonesian Surviving Hazards) yang dibuka pada Rabu, 29 Juni 2022 di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA Jakarta.

Pameran tersebut dibuka oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini yang didampingi oleh Anggota Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Monang Sinaga dan Direktur Pemberitaan Akhmad Munir, serta disaksikan oleh Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong.

Menteri Sosial Risma pada sambutannya menyebutkan bahwa foto jurnalistik dapat memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan di masa depan.

"Dari sebuah foto saya bisa menerjemahkan sesuatu yang harus saya lakukan saat saya harus mengambil keputusan," ujar Risma.

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menyebutkan bahwa pameran ini memberikan gambaran bahwa Indonesia adalah negara yang rawan dengan bencana dikarenakan lokasi geografis Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik. 

"BNPB mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh ANTARA, kami berterimakasih atas dukungannya dalam GPDRR 2022 di mana lebih dari 190 negara hadir, dan semua foto ini dinikmati oleh semua delegasi yang datang ke Bali," ujar Lilik.

"Tetapi saya ingin menyampaikan, bukan bencananya ini yang harus terus menerus kita sampaikan pada masyarakat kita, tetapi bagaimana upaya-upaya yang dilakukan sebelum bencana terjadi," pesan Lilik.

Dirjen IKP Usman Kansong menyebutkan bahwa Indonesia Melalui Bencana memiliki makna ganda, yaitu bagaimana Indonesia  melewati bencana yang terjadi dan bagaimana masyarakat Indonesia menghadapi bencana yang terjadi.

Usman juga menyebutkan bahwa ANTARA berperan dalam membentuk opini publik melalui foto.

"Penyajian visual berperan besar membuat opini publik, disitulah jurnlais foto jadi penanggung jawab utamanya dan tetap harus meliterasi masyarakatnya," ujar Usman.

Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir dalam sambutannya mengapresiasi dedikasi para pewarta dalam mendapatkan foto jurnalistik yang baik dalam berbagai situasi, termasuk bencana.

"Ini semua foto-foto yang dilakukan dengan dedikasi tinggi oleh fotografer kami sehingga kami mendapatkan foto-foto terbaik yang bisa kami sajikan dalam pameran foto ini," puji Munir.

Munir juga menjelaskan bahwa pameran ini merupakan lanjutan dari pameran bertajuk serupa yang ditampilkan selama The Global Platform for Disaster Risk Reduction (GDPRR) 2022 di Bali.

"Kami dengan bantuan dari Kominfo, dan dengan bantuan dari BNPB, mendapat kepercayaan dari PBB mendapatkan kesempatan untuk memamerkan foto-foto ini di hadapan pimpinan negara di Bali," ucap Munir.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Widodo Muktiyo berharap pameran foto ini bisa memberikan dampak pada tingkat kewaspadaan masyarakat terhadap bencana.

"Semoga pameran foto ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat, serta mengedukasi masyarakat terkait bencana," ujar Widodo.

Pameran Indonesia Melalui Bencana menampilkan 88 karya foto dari 44 pewarta foto Kantor Berita Antara yang menggambarkan peristiwa dan dampak bencana, semangat masyarakat Indonesia untuk bertahan melalui musibah, serta upaya masyarakat untuk pulih dan bangkit dari bencana. Pameran berlangsung pada 29 Juni - 29 Juli 2022 di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA, Jakarta.

Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)