Info BUMN

Sinergi SUCOFINDO-APN-Great Wall China

JAKARTA, (23/6) - PT SUCOFINDO bersinergi dengan PT. Angkasa Persada Nusantara dan China Great Wall Industry Corporation sebagai upaya akselerasi kemajuan teknologi akses internet Indonesia, yaitu melalui pemenuhan konektivitas internet satelit. Sinergi ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO, Darwin Abas, Direktur Utama PT. Angkasa Persada Nusantara, Sigit Purwanto, dan General Manager of Euro Asia Division, China Great Wall Industry Corporation, Liu Bo (17/6).

“Sinergi ini sebagai akselerasi serta realisasi atas dukungan terhadap arahan Presiden RI Joko Widodo terkait transformasi digital Nasional,” kata Direktur Komersial PT SUCOFINDO. Arahan ini berdasarkan Roadmap Indonesia Digital pada 2021-2024, yang dicanangkan sejak 3 Agustus 2020.

Darwin menambahkan hubungan kerja sama ini ke depannya berorientasi kepada pengembangan bisnis keantariksaan. “Ruang lingkup kegiatan keantariksaan, baik di sektor publik maupun komersial, meliputi layanan Beidou Positioning / Navigasi / Geospasial di bidang pertambangan, layanan pemetaan, dan layanan satelit, ” kata Darwin.

General Manager of Euro Asia Division, China Great Wall Industry Corporation Liu Bo mengatakan bahwa PT SUCOFINDO, sebagai perusahaan Testing, Inspection, and Certification (TIC), sebagai mitra memiliki kemampuan mendalami dan mengenal pasar secara matang. “Oleh karena itu, kami optimis dapat merealisasikan program ini sebagai upaya strategis dan mampu menjangkau pasar lebih luas lagi,” ujar Liu Bo.

Selanjutnya, Business Development Lead PT. Angkasa Persada Nusantara , Agustono Priambodo mengatakan bahwa kedepannya kerja sama ini sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan bandwidth  atau lite Indonesia. “Hal ini pun bisa menjadi solusi atas kebutuhan kurangnya kapasitas bandwidth koneksi internet di Indonesia,” kata Agustono.

PT SUCOFINDO dalam mendukung kerja sama ini memiliki layanan pemetaan, yaitu pemetaan batas kepemilikan lahan, pembuatan peta kontur wilayah kerja, pemetaan tutupan lahan (landuse), perhitungan stockpile dan cut and fill dengan Unmanned Aerial Vehicle (UAV)  atau Drone, pemetaan perencaan reklamasi lahan, pemetaan aset perusahaan, tata batas wilayah kehutanan, pemetaan rencana jalur jalan, irigasi, transmisi dan infrastruktur lainnya, akuisisi data Inspeksi visual untuk peralatan industri dengan menggunakan UAV, pemenuhan dukungan dalam kegiatan penyusunan peta dasar.

Selain itu, untuk kemajuan teknologi, PT SUCOFINDO mampu melayani pengujian perangkat dan/atau alat telekomunikasi pada terminal frekuensi (GSM, DCS, CDMA, WCDMA, UMTS/IMT, LTE, Wi-Fi Indoor, Wi-Fi Outdoor) dan Short Range Device (Bluetooth, RFID, Low PowerNear Field Communication), serta dilengkapi dengan Laboratorium Uji Radio Frekuensi (RF) dan Electrical Safety (ES) “LAB TELKO”  yang mampu menguji produk handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

“Jasa ini merupakan jasa sertifikasi dan pengujian terhadap kualitas perangkat, serta upaya mendukung pemerintah meningkatkan kualitas produk dalam negeri, sebelum dipasarkan produknya di Indonesia,” tutup Darwin.