Info BUMN

SUCOFINDO Berikan Sertifikasi untuk Garuda Indonesia

Jakarta, 2/11 – PT SUCOFINDO (Persero) pastikan keamanan kargo vaksin serta pharmaceutical product lainnya dengan menyerahkan sertifikat Good Distribution Practices (GDP) kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Sertifikat ini juga sebagai bentuk dukungan PT SUCOFINDO (Persero) terhadap PT GARUDA INDONESIA (Persero) Tbk. dalam proses memastikan keamanan distribusi, khususnya untuk pengiriman produk farmasi di masa pandemi.

“Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan Garuda Indonesia karena telah melalui proses audit, sehingga tercapainya Sertifikasi Good Distribution Practices, khususnya pada layanan kargo untuk pengiriman vaksin serta produk farmasi lainnya,” kata Direktur Komersial 2 PT SUCOFINDO (Persero) M. Haris Witjaksono, yang juga turut hadir berkesempatan menyerahkan sertifikat GDP kepada Direktur Niaga dan Kargo PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Moh. Rizal Pahlevi di Kantor Garuda Indonesia (2/11).

Pencapaian ini menurut Haris merupakan wujud komitmen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. atas terimplementasinya GDP dalam proses bisnis. “Dengan diperolehnya Sertifikat GDP ini, kami yakin bahwa perbaikan akan senantiasa dilakukan serta peningkatan berkelanjutan dalam berbagai lini bisnis terutama dalam memastikan mutu sepanjang alur pendistribusian untuk layanan kargo vaksin dan pharmaceutical product lainnya,” ujar Haris.

Standard GDP (Good Distribution Practices) menurut Haris menjawab tuntutan keamanan di bidang pendistribusian produk farmasi. “Oleh karena itu, dengan diimplementasikannya standar GDP ini, perdagangan produk farmasi dapat memenuhi kriteria keamanan serta munculnya kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan,” kata Haris.

Selanjutnya, menurut Haris proses distribusi menjadi aspek penting dalam menjaminkan kualitas produk, sehingga dengan diterapkan standar GDP mampu membantu memastikan mutu sepanjang alur pendistribusian tetap terjaga, kualitas produk terpantau, mulai dari produk masuk gudang hingga sampai ke tangan konsumen.

Pada proses sertifikasi ini PT SUCOFINDO (Persero) mengacu kepada World Health Organization (WHO) terkait Good Distribution Pharmaceutical Product & Good Storage Practices for Pharmaceutical, serta Peraturan BPOM No. 6 tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Cara Distribusi Obat yang Baik.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Irfan Setiaputra mengatakan bahwa perolehan sertifikat ini merupakan pencapaian atas komitmen perusahaan dalam implementasi penanganan produk farmasi oleh Garuda Indonesia Cargo yang telah sesuai dengan standar internasional.

“Perolehan sertifikat ini  semakin memperkuat peran Garuda Indonesia sebagai National flag carrier dalam upaya percepatan penanganan pandemi, salah satunya dengan memastikan kesiapan infrastruktur penunjang berkenaan dengan layanan pengangkutan produk farmasi termasuk vaksin COVID-19, sesuai dengan standardisasi internasional,” ujar Irfan.

Di samping itu, Irfan mengatakan bahwa perolehan sertifikat ini pun turut mendukung langkah pengembangan bisnis Garuda Indonesia, khususnya dalam penyediaan jasa angkutan yang safe & reliable untuk kebutuhan layanan pengangkutan serta distribusi farmasi yang menjadi kebutuhan global pada masa pandemi. "Kami juga tentunya berharap sertifikasi ini juga dapat semakin memperluas portofolio bisnis kargo Garuda Indonesia melalui layanan angkutan kargo farmasi yang kami proyeksikan dapat menjadi potensi pangsa pasar yang menjanjikan kedepannya,” ujar Irfan.

Selanjutnya, Direktur Komersial 2 PT SUCOFINDO (Persero) M. Haris Witjaksono mengungkapkan terima kasih kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, atas kepercayaan yang telah diberikan. Untuk ke depannya Haris mengatakan bahwa SUCOFINDO siap mendukung proses bisnis Garuda Indonesia. “Tentunya kami harapkan tak hanya sebatas kerja sama di bidang ini saja, namun dapat berkembang mengikuti kebutuhan dan proses bisnis antara SUCOFINDO dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.,” kata Haris.

SUCOFINDO dalam melengkapi kebutuhan Garuda Indonesia juga dapat melayani kebutuhann pada Jasa Pengendalian Hama, Sertifikasi HACCP/ ISO 22000 untuk Catering Garuda, serta Jasa Fumigasi Pesawat.

Tak hanya itu, SUCOFINDO dapat melayani jasa pengujian kualitas udara dan jasa Disinfection Monitoring. Jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan Jasa Penyemprotan Disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Sebagai dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia menghadapi masa pandemi ini, PT SUCOFINDO (Persero) juga memiliki jasa baru Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

Sertifikasi ARISE secara umum memiliki skema dalam memantau sumber bahaya dari paparan covid-19, antara lain dengan cara tidak menerima tamu dari daerah atau negara zona merah dan kuning.

Persyaratan lainnya terkait Engineering control, menciptakan pembatas berupa kaca atau plastik transparan di petugas front office, meningkatkan nilai tukar udara ruangan untuk meminimalkan terjadinya resirkulasi udara dalam ruangan tempat berkumpul sehingga menimimalkan penularan melalui droplet yang ada di udara.

Kemudian melalui administrative control pengaturan menjaga jarak dengan tamu, tidak bersalaman, pemeriksaan suhu tubuh; serta PPE/APD dalam kelengkapan dan penggunaan masker dan hand sanitizer.

 

Tentang SUCOFINDO

 

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Eka Abdullah

 

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : ekaa@sucofindo.co.id

Mobile                : +62.81285971751

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id