Info BUMN

TWC Prambanan Jadi Lokasi Hari Yoga Internasional Ke-8

Kedutaan Besar India bersama dengan Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) menggelar kegiatan yoga bersama di kawasan Taman Wisata Candi (TWC), Selasa (21/6/2022). Kegiatan dalam rangka perayaan Hari Yoga Internasional ke-8 ini dihadiri sekitar 1.000 peserta yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti didampingi GM TWC Prambanan Jamaludin Mawardi mengikuti acara yang disiarkan secara langsung oleh saluran nasional India DD News dan dilihat oleh jutaan warga India.

"Untuk semua di Indonesia, kita di sini di Candi Prambanan, kita mendapat sesi yoga yang indah di candi ini," kata Manoj Kumar Bharti.

Manoj mengatakan, para pecinta yoga di seluruh dunia merayakan acara tahunan untuk menyebarkan pesan kesehatan dan kebahagiaan. Selain kesehatan, acara ini juga mempromosikan perdamaian dan kerjasama internasional. 

"Acara ini akan menyadarkan masyarakat India tentang warisan budaya Yogyakarta, dan ini akan meningkatkan potensi pariwisata dari India ke Yogyakarta," imbuhnya.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan IDY ke-8 bertema Yoga for Humanity. Acara ini dirayakan sebagai bagian dari acara India@75, yang menandai 75 tahun kemerdekaannya pada 15 Agustus.

Gelaran ini menampilkan protokol yoga umum bersama di bawah bimbingan guru yoga yang terkenal, Naresh Kumar Nadda. Sejak pukul 6.00 WIB, peserta mulai memadati area yoga yang berada di selatan Candi Prambanan. 

Selama sekitar dua jam, para peserta beryoga dengan latar pemandangan Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Mereka pun menikmati udara pagi yang sejuk di sana. 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ikut merayakan Hari Yoga International dengan menyelenggarakan event Prambanan International Yoga Day sejak 2016 di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan. Puncaknya, gelaran ini dilakukan pada 2019 yang diikuti dengan beragam agenda seperti pameran foto hubungan delegasi Indonesia-India serta penanaman pohon bersama di kawasan Candi Sewu yang berada di kompleks TWC Prambanan.

"Selain memiliki sisi sejarah yang cukup erat, Indonesia dan India juga memiliki hubungan bilateral yang baik. Semoga hubungan ini bisa terus berjalan dan membawa manfaat bagi dunia pariwisata di Indonesia," terang GM TWC Prambanan Jamaludin Mawardi.