Info BUMN

PT TWC Peringati Satu Tahun AKHLAK

Dewan Komisaris, jajaran direksi serta segenap keluarga besar PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) mengikuti acara peringatan Satu Tahun AKHLAK, Rabu (28/7/2021). Acaranya yang dilakukan secara daring ini dilakukan sebagai bentuk internalisasi nilai-nilai AKHLAK kepada stakeholder di lingkungan perusahaan BUMN.

Komisaris Utama PT TWC Kacung Marijan dalam sambutannya mengatakan AKHLAK sebagai nilai dasar Kementerian BUMN merupakan titik tolak para karyawan untuk melaksanakan kerja bagi bangsa dan negara. Nilai budi luhur ini menjadi landasan penting untuk mengembangkan perusahaan ke depan.

"Di usia satu tahun ini, AKHLAK menjadi titik tolak bersama dalam mengembangkan perusahaan. Bukan hanya menjadi pedoman perusahaan, namun talent di dalamnya bisa juga dipakai perusahaan lain. Hal ini bisa terjadi dan memungkinkan, karena mempunyai nilai dasar yang sama," tuturnya.

Fungsi AKHLAK sendiri, menurut Kacung Marijan, bisa menjadi modal utama dalam mengembangkan perusahaan. Hal ini beriringan dengan tugas PT TWC dalam mengembangkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan. 

"AKHLAK ini akan mempermudah untuk merekatkan semuanya. Keterpaduan ini, termaksud nilai ketiga yaitu harmoni. Keduanya (TWC dan TMII) sudah saling kenal, namun dengan bergabung ini bisa kolaborasi dengan baik. Kolaboratif memungkinkan bekerjasama dengan baik menghadapi tantangan di tengah pandemi ini," lanjutnya.

Direktur Keuangan, SDM & Investasi Palwoto menjelaskan lahirnya AKHLAK berasal dari Top Down maupun Bottom Up. "Top Down itu berasal dari kebijakan Menteri BUMN. Sementara Bottom Up melihat dari core values masing-masing BUMN. Perusahaan BUMN pasti memiliki nilai dasar yang hampir mirip dengan lainnya. Oleh Kementerian BUMN hal tersebut dirangkum menjadi satu dalam AKHLAK ini," terangnya.

Menurut Palwoto, PT TWC sendiri telah mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK dalam tata kelola perusahaan serta melakukan aktivitas bekerja di kantor. "Kita adakan kerjasama dengan KPK dalam menghindari praktik korupsi. Kita juga lakukan strategi sharing online, di mana teman-teman bisa saling berbagi dan menghidupkan ruang diskusi," lanjutnya.

Palwoto menambahkan bahwa PT TWC sudah sangat baik dalam melaksanakan implementasi AKHLAK dalam aktivitas perusahaan. Hal ini terbukti dengan zero fraud atau kejadian luar biasa yang mengganggu jalannya perusahaan. 

"Kita bisa menjalankan prinsip GCG dengan baik dan mempertanggung jawaban amanah oleh pemegang saham. Semoga hal ini bisa kita jaga betul dan menjadi bagian dari semangat kita dalam menjalankan AKHLAK BUMN," tutupnya.