Siaran Pers

Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis,  Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis, Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

Siaran Pers Nomor PR-14/S.MBU.11/2/2021 Tentang Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis, Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

JAKARTA, 15 Februari 2021 – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan pameran dagang dengan platform digital-online “PaDi UMKM Virtual Expo 2021” pada tanggal 15-22 Februari 2021. Gelaran pameran tersebut merupakan upaya perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang juga terdampak sangat serius oleh pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 merupakan langkah cepat untuk menindaklanjuti peluncuran online marketplace PaDi UMKM Agustus 2020. Hal ini sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam memitigasi dampak pandemi terhadap UMKM, dan sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar, akses teknologi marketing, sehingga UMKM diharapkan dapat menjadi pilar dan penyeimbang perekonomian nasional.

“Penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 ini menjadi bagian penting dari kebijakan dan program serta kegiatan Kementerian BUMN. Dalam mendorong peningkatan value creation, BUMN dapat menggunakan berbagai produk UMKM dalam kebutuhan proses produksi, maupun proses kerja dengan model bisnis yang saling memberikan manfaat dan nilai tambah secara berkelanjutan,” ujar Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury dalam sambutannya. 

Pahala menambahkan, sejak sinergi BUMN dan UMKM diwujudkan melalui PaDi UMKM, Agustus 2020 lalu hingga akhir Januari 2021 sebanyak Rp 11.4 triliun rupiah telah dihasilkan dari total transaksi yang diawali oleh 9 BUMN. Hal ini merupakan awalan yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi BUMN ke depan dalam PaDi UMKM.

“Kemitraan BUMN dan UMKM menjadi semakin penting dan strategis untuk terus ditingkatkan dalam satu ekosistem ekonomi yang saling mendukung dan menguntungkan secara berkelanjutan. Dengan demikian, peningkatan ketahanan dan daya saing beragam produk karya anak bangsa Indonesia dapat mengalami peningkatan dengan multiplier effects yang positif terhadap upaya bersama,” lanjut Pahala.

PaDi UMKM Virtual Expo 2021 diresmikan pembukaannya secara online oleh Wakil Menteri BUMN I RI Pahala pada Senin, 15 Februari 2021. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, acara ini diikuti oleh 244 UMKM yang difasilitasi kepesertaannya oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Bhayangkari (organisasi istri anggota POLRI), Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, masing-masing bertindak sebagai organisasi pengampu UMKM.  

“Selain dirancang menjadi sebuah platform online interaksi bisnis, PaDi-UMKM Virtual Expo 2021 juga  menggelar kegiatan kategori webinar yaitu panel diskusi BUMN dalam mata acara SOENERGY - TALK (State Owned Enterprise Synergy - Talk) dan presentasi produk UMKM dalam mata acara PaDi Pro-Talk. Semua kegiatan bermuara pada tujuan mewujudkan UMKM Tangguh Indonesia Maju,” tandas Loto.

Para exhibitor di “PaDi UMKM Virtual Expo 2021” berasal dari hampir 100 kota di Indonesia, mulai dari UKM di Aceh Besar yang memproduksi Moringa Tea & Essential Oil hingga UKM produsen makanan olahan dari Teluk Wondama di Papua Barat. Semua exhibitor memiliki akun perusahaan yang on-board di online marketplace padiumkm.id sebagai pasar digital pengadaan barang dan jasa BUMN. 

Lebih dari sekedar online marketplace yang telah ada, padiumkm.id berperan strategis dalam menjembatani transaksi bisnis secara Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C), 

e-Procurement dan tender proyek. Di antara ratusan jenis produk dan jasa unggulan yang ditampilkan adalah kategori produk alat kesehatan, fashion, garmen dan APD, furnitur, souvenir serta kuliner. Sedangkan produk kategori jasa antara lain layanan Web Development dan Digital Marketing, penyewaan sarana dan prasarana, hingga jasa fabrikasi baja. 

Diselenggarakan untuk pertama kalinya dalam format digital-online, “PaDi UMKM Virtual Expo 2021” menyajikan cara mudah dan nyaman berinteraksi live online dengan exhibitor. Untuk membantu para visitor dan exhibitor melakukan pencarian produk dan calon mitra bisnis disediakan video tutorial yang menjelaskan cara login dan menggunakan aneka fitur sesuai kebutuhan. Di antara berbagai fitur penting adalah sejumlah hotspot yang dapat di-klik, masing-masing adalah untuk Live Chat, Catalog, Video, Agenda, Permintaan Business Matching. 

Khusus untuk Exhibitor ditambahkan fitur pengisian data untuk formulir transaksi yang terjadi. Semua transaksi on-the-spot, khususnya kategori ritel, yang terjadi selama pameran secara otomatis difasilitasi oleh padiumkm.id sebagai marketplace online dan payment gateway. Sedangkan kesepakatan transaksi kategori business deal dapat ditindaklanjuti dengan penandatanganan kontrak tersendiri. 

Demikian siaran pers ini dibuat untuk disebarluaskan sebagaimana mestinya.