Siaran Pers

Pemerintah Beri Penghargaan UMKM & IKM Berprestasi dan Luncurkan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia

Pemerintah Beri Penghargaan UMKM & IKM Berprestasi dan Luncurkan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia

Siaran Pers Nomor NOMOR: PR-262/S.MBU.B/12/2022 Tentang Pemerintah Beri Penghargaan UMKM & IKM Berprestasi dan Luncurkan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia

Jakarta, 13 Desember 2022 - Kementerian BUMN dipercaya menjadi pengampu terselenggaranya Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) yang sempat vakum selama satu tahun akibat pandemi. Ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pengusaha UMKM lokal yang telah memberi andil besar pada kembali menguatnya perekonomian Indonesia pasca pandemi. Sekaligus, menjadi bentuk perhatian besar kepada para pejuang ekonomi yang tidak menyerah mengembangkan kualitas produknya.

Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia berlangsung di Hotel Mulia Jakarta hari ini (13/12), yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga, Gubernur seluruh Indonesia, Direktur BUMN/BUMD/Swasta dan pelaku UMKM.

Terselenggaranya Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia tidak lepas dari beberapa tahapan panjang persiapannya, dimulai dari proses pendaftaran yang dibuka melalui kementerian dan lembaga yang terus memantau perkembangan UMKM. Dari ribuan UMKM yang mendaftar, ada lebih dari 300 UMKM yang akhirnya masuk penyaringan dasar dan menjalani kurasi.

Setelah lolos penyaringan dasar, UMKM terseleksi ini melanjutkan ke tahap administrasi. Sejak awal September 2022, perwakilan Kementerian BUMN dan para manajer kampanye mengumpulkan data UMKM juara di tiap daerah. Pengajuan peserta dilakukan manajer kampanye dengan mengutamakan pelaku UMKM yang mengikuti rangkaian kegiatan Bangga Buatan Indonesia (BBI) di masing-masing daerah kampanye sepanjang 2021-2022. Tidak berhenti disitu, peserta yang lolos seleksi administrasi berhadapan dengan dewan juri yang berasal dari kalangan profesional. Tanya jawab secara langsung pun dilakukan demi mengulik kelayakan pelaku UMKM dan produknya untuk naik ke panggung ABBI 2022.

“Proses penentuan juara terbaik Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022 telah melalui proses kurasi dan seleksi oleh berbagai pihak yang kompeten, juga melibatkan masyarakat luas melalui proses pengumpulan suara secara online dari periode 22 November hingga 9 Desember 2022,” ujar Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam sambutannya.

Proses voting secara online ini menjadi tahapan paling berat dari serangkaian perjalanan kegiatan. Finalis tiga besar dari masing-masing kategori (Fesyen, Kriya, Kuliner, serta Kecantikan dan Kebugaran) disandingkan untuk merebut suara dukungan masyarakat.

Berikut pemenang Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022:

1. Kategori Kecantikan & Kebugaran: Arcia, Kalimantan Barat;

2. Kategori Kriya: LAMOPS Craftworks, Nusa Tenggara Barat;

3. Kategori Fesyen: Songket PaSH, Sumatera Selatan;

4. Kategori Kuliner: 101 Coffee House, Kalimantan Barat.   

Selain UMKM, ABBI 2022 juga memberikan anugerah kepada empat Industri Kecil dan Menengah (IKM) Inspiratif yang sudah berhasil mengembangkan produknya dengan baik dari sisi kualitas dan keberadaannya mampu memberikan dampak positif di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan. Para IKM inspiratif ini terpilih berdasarkan penilaian dari sejumlah kementerian dan juga dewan juri. Pemenang IKM Inspiratif adalah:

1. Kategori Kecantikan & Kebugaran: Juragan Madu Bangka, Bangka Belitung;

2. Kategori Kriya: Littlemonq, Lampung;

3. Kategori Fesyen: JAMAJAMA Project, Sumatera Selatan;

4. Kategori Kuliner: Devies Ice Cream, Lampung.  

"Kami berharap Anugerah Bangga Buatan Indonesia ini dapat menambah motivasi dan semangat para pelaku UMKM dan artisan untuk terus berkreasi, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya, hingga mampu naik kelas dan go global," ujar Kartika.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Kementerian BUMN dan BUMN dalam penyelenggaraan ABBI.

“Apresiasi kepada Kementerian BUMN, BRI, Pegadaian, beserta jajaran atas penyelenggaraan Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022 ini sekaligus peluncuran Bangga Berwisata di Indonesia. BBI juga memperkuat sisi demand melalui perluasan akses pasar, optimalisasi dan pembelanjaan produk dalam negeri. Kalau hari ini kita bisa melihat hasil yang bagus, ini adalah satu bukti lagi kolaborasi yang sangat baik antar kementerian,” ujar Luhut.

Dalam momen tersebut, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga meluncurkan gerakan nasional untuk kebangkitan pariwisata Indonesia yakni Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Gerakan dengan tagline #diIndonesiaAja ini menggandeng berbagai pemangku kepentingan seperti Kementerian, Lembaga, Pemda, BUMN, maupun swasta untuk berkolaborasi mendukung pulih dan berkembangnya sektor pariwisata dalam negeri, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

“Wisata itu adalah sumber revenue negara yang sangat besar. Kita melihat pendapatan pariwisata bisa senilai Rp3.281 triliun dan itu memberikan sumbangan 18% kepada PDB. Jadi saya berharap kita berwisata dalam negeri saja. Supaya apa? Supaya ekonomi kita berputar,” tambah Luhut.

Kementerian BUMN dan BUMN, khususnya yang berada dalam ekosistem pariwisata, siap mendukung implementasi gerakan BBWI. Mari bangun rasa bangga dengan membeli dan memakai produk lokal serta mengunjungi dan mempromosikan potensi pariwisata di Indonesia.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk disebarluaskan sebagaimana mestinya.