Siaran Pers

Yayasan BUMN Untuk Indonesia Terima Bantuan Dari Donatur

Yayasan BUMN Untuk Indonesia Terima Bantuan Dari Donatur

Siaran Pers Nomor PR-30/S.MBU.33/04/2020 Tentang Yayasan BUMN Untuk Indonesia Terima Bantuan Dari Donatur

Jakarta, 27 April 2020 Bantuan terus mengalir di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Kali ini, uluran tangan datang dari para Donatur perusahaan yang menyalurkan bantuan mereka melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dari para Donatur dengan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto hari ini (27/4) di Kantor Kementerian BUMN.

Adapun Donatur yang memberikan donasi pada hari ini adalah PT Hutchison 3 Indonesia dengan donasi senilai Rp10 miliar yang diserahkan oleh Wakil Direktur Utama, Danny Buldansyah; PT Tambang Tondano Nusajaya dengan donasi senilai Rp5 miliar yang diserahkan oleh Direktur Utama, Peter Sondakh serta KPN Corp (PT Energy Unggul Persada, PT Karya Pancasakti Nugraha, dan PT Tritunggal Sentra Buana) dengan donasi senilai Rp5 miliar yang diserahkan oleh Direktur General Affairs & Public Relations, Djuaman.

Dukungan juga datang dari Grab Indonesia. Melalui kerja sama dengan Tim Gabungan Pengelolaan Wisma Atlet sebagai RS Darurat Covid-19, Grab Indonesia menyediakan 90 unit GrabWheels yang dapat digunakan secara gratis selama tiga bulan oleh tenaga medis dan karyawan Rumah Sakit Darurat Covid-19, Wisma Atlet. Bantuan teknologi kendaraan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadribata kepada Satgas Covid-19 untuk Wisma Atlet.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan apresiasi kepada para Donatur. Donasi yang diberikan sekaligus membuktikan bahwa kepedulian masyarakat terhadap kondisi bangsa saat ini bersifat mutlak sehingga mereka terus berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah bahu membahu membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Terima kasih untuk PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Hutchison 3 Indonesia, Grab Indonesia, dan KPN Corp atas kebaikannya memberikan bantuan ini”, ujar Erick dalam sambutannya.

Erick mengungkapkan, donasi dari para donatur merupakan wujud dari komitmen BUMN yang bersinergi dengan pihak Swasta, BUMD, dan BUMDes. Sinergitas tersebut menghasilkan ekosistem sehat yang terbangun bukan hanya dalam bisnis, tetapi juga dalam gotong-royong dalam melawan pandemi Covid-19.

“Saya percaya wabah Covid-19 hanya dapat dilawan jika kita bersama. Karena solidaritas lah kekuatan bangsa kita. BUMN akan terus merangkul berbagai pihak untuk saling gotong-royong melawan Covid-19,” tandasnya

Di sisi lain, Yayasan BUMN Untuk Indonesia sebagai wujud sinergitas BUMN terus berkomitmen mendukung upaya Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Usai menyiapkan Wisma Atlet sebagai RS Darurat Covid-19 dan memastikan kesiapan Rumah Sakit Pertamina Jaya sebagai rumah sakit khusus rujukan pasien Covid-19 pada awal April lalu, BUMN juga telah mengoptimalkan 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia serta menyiapkan infrastruktur RS Darurat Khusus Covid-19.

Melalui Yayasan yang dipimpin oleh Harjawan Balaningrath ini pula, BUMN telah mengumpulkan donasi senilai Rp54,7 miliar dari berbagai elemen masyarakat yang ingin berkontribusi untuk membantu masyarakat dan para tenaga medis di tengah pandemi.

“Semoga bantuan terus bertambah sehingga kita dapat membantu penaggulangan wabah Covid-19 lebih besar lagi,” pungkas Erick.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

 

 

Jakarta, 27 April 2020

Kepala Bagian Humas dan Protokol

 

 

 

Ferry Andrianto