PT TWC Gandeng Grab Indonesia Dukung Pariwisata Berkualitas

Kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi diharapkan dapat menjadi momen yang tepat untuk mendorong penerapan konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Konsep ini diangkat sebagai solusi menyelaraskan aspek ekonomi, sosial budaya, dan kelestarian lingkungan di destinasi wisata, termasuk di dalamnya aspek pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. 

 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) berkolaborasi dengan Grab Indonesia berkomitmen dalam memajukkan desa wisata di kawasan Borobudur melalui konsep pariwisata berkelanjutan. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan kendaraan listrik roda dua dan GrabBike Tour yang bertujuan untuk memperkuat potensi destinasi desa wisata, meningkatkan visibilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Candi Borobudur.

 

Peluncuran ditandai dengan konvoi kendaraan listrik roda dua dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo sampai ke shelter Grab di area Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur. Acara ini diikuti langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinung Nugroho Rachmadi, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, VP Sales & Marketing PT TWC Pujo Suwarno dan GM TWC Borobudur Aryono Hendro Malyanto.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk mendukung pelaksanaan G20 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Salah satunya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan.


"Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga terjangkau bagi para wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon mereka. Hal ini tentunya dapat meningkatkan daya tarik wisata lokal bagi wisatawan hingga menciptakan keseimbangan pariwisata massal dan pariwisata berkualitas, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang mengarahkan kepada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan. " kata Sandi di kawasan TWC Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022).

 

Untuk tahap awal, tersedia 50 unit kendaraan listrik roda dua yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menjelajah dan berkunjung ke desa wisata di sekitar Candi Borobudur. "Rencananya 50 kendaraan ini akan mulai digunakan dalam liburan-liburan mendatang. Saya berharap nanti akan digulirkan lebih banyak lagi dan kerja sama dengan desa-desa wisata dan balkondes serta yang kami gagas Trail of Civilization," ujar Sandiaga.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung Nugroho Rachmadi mengatakan, Pemprov Jateng menyambut baik dengan peluncuran sepeda motor listrik ini.

Kita berkreasi, kreasi ini penting karena kreasi substansi inti dari kebangkitan pariwisata. Untuk selanjutnya melibatkan komunitas seperti disampaikan oleh manajemen begitu luar biasa dan selamat bekerja desa wisata juga semakin nyata, signifikan berkontribusi," ungkapnya.


VP Sales & Marketing PT TWC Pujo Suwarno mengatakan bahwa kolaborasi ini dilakukan untuk mendukung pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di kawasan Borobudur.

 

“Kemitraan strategis bersama Grab ini merupakan salah satu komitmen kami untuk memberikan kemudahan akses dan mobilitas yang ramah lingkungan bagi wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata di kawasan Borobudur. Semoga dengan adanya kolaborasi ini membuat kawasan wisata Borobudur semakin ramai dikunjungi.” Terangnya.


PT TWC juga mengajak semua pihak untuk mendorong mewujudkan ekosistem wisata berbasis teknologi di kawasan Borobudur. “Ini juga satu momentum untuk mendorong langkah strategis dalam membangun konektivitas dan ekosistem pariwisata berkualitas di kawasan Borobudur,” tutup Pujo Suwarno.