Banjir NTT, Pelindo IV Sumbang Bantuan Natura

21 April 2021

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyalurkan bantuan kepada para korban banjir dan tanah longsor akibat dampak banjir bandang yang menerjang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 4 April 2021, sebagai bentuk kepedulian Perseroan.

Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, bantuan yang diserahkan dalam bentuk natura atau kebutuhan pokok untuk para korban banjir.

“Ada selimut, sarung, pakaian dalam laki-laki dan perempuan, pakaian dalam anak perempuan dan anak laki-laki, masker, pembalut, popok anak dan susu anak,” kata dia.

Toto berujar, bantuan yang diberikan diserahkan ke Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar sebagai posko bantuan bencana alam untuk NTT.

“Selanjutnya bantuan ini bersama bantuan dari para donatur lainnya akan dikoordinir oleh OP Makassar untuk disalurkan kepada para korban bencana di NTT,” ujarnya.

Toto berharap bantuan yang diberikan pihaknya dapat membantu meringankan beban para korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur.

Menyadur informasi yang tayang di kompas.com pada Rabu (14 April 2021), sebanyak 126.459 rumah warga dan fasilitas umum di NTT rusak akibat Badai Seroja, banjir dan tanah longsor. Rinciannya, 63.916 unit di antaranya rumah penduduk dan 62.543 unit merupakan fasilitas umum.

Juru bicara Pemerintah Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan, ratusan ribu rumah dan fasilitas umum yang rusak itu berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari 18 kabupaten dan satu kota.

“Adapun fasilitas umum yang rusak adalah fasilitas pemerintah, jalan dan jembatan,” kata Marius.