Duka NTT, Tim Tanggap Darurat Bencana Semen Tonasa

13 April 2021

Bencana banjir bandang dan longsor yang menghantam Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (4/4) pukul 01.00 WITA telah menelan banyak korban dan merupakan yang terbesar dari sisi korban jiwa. Lebih dari 10 tahun terakhir menurut catatan BNPB, dalam 1 dekade terakhir, setidaknya ada 2 bencana banjir cukup besar yang pernah melanda Nusa tenggara Timur (NTT).

PT Semen Tonasa sebagai bagian dari Holding PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), turut aktif melakukan aksi peduli darurat bencana. Manajemen menerjunkan personil tanggap darurat bencana untuk turun langsung memberikan bantuan kepada korban yang mengalami musibah.

Tim reaksi cepat Semen Tonasa berangkat menuju Maumere pada hari Jumat (09 April 2021) dan melanjutkan perjalanan menuju Larantuka via darat dan langsung berkoordinasi dengan unsur terkait untuk menyerahkan bantuan. Selanjutnya menuju pelabuhan Waiwerang via kapal ferry untuk menyerahkan bantuan langsung ke lokasi bencana di Desa Lamahala.

Penyerahan Bantuan Alat Kesehatan dan Obat obatan dan vitamin kepada Tim Dokter Dinas Kesehatan Kab. Flores Timur (Posko Lamahala Adonara) di terima langsung oleh dr. Helen Yawa Petrus pada hari Sabtu (10 April 2021).

Adapun bantuan yang diserahkan berupa alkes, rawat luka set sebanyak 14 paket, masker medis 21 dos dan bantuan obat-obatan serta vitamin dengan total sebanyak 28 item.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti mengatakan PT Semen Tonasa melakukan aksi tanggap darurat bencana untuk membantu korban banjir bandang dan longsor yang menimpa saudara-saudara kita di Kabupaten Flores Timur (NTT).

"Bantuan perusahaan pada situasi bencana seperti ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Duka bumi Pertiwi adalah duka kita bersama, maka sudah selayaknya kita turut prihatin dan membantu korban yang mengalami musibah.

"Ini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan kehadiran perusahaan dalam membantu korban yang membutuhkan pertolongan segera," ungkapnya.

Ari menambahkan, selain bantuan alat kesehatan dan obat-obatan serta vitamin, juga akan diserahkan bantuan sembako kepada warga terdampak tentunya berkoordinasi dengan unsur terkait.

Tahapan penyerahan bantuan sembako akan diserahkan di BPBD Larantuka Kabupaten Flores Timur pada hari Minggu (11 April 2021) selanjutnya di Kupang NTT pada hari Senin (12 April 2021). "Semoga bantuan ini dapat membantu untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang berduka di Tanah Flores," ujarnya.