HUT ke-77, PMI Apresiasi Donor Darah IKBI PTPN V

19 September 2022

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru memberikan apresiasi tinggi kegiatan donor darah yang dilaksanakan Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PT Perkebunan Nusantara V bersinergi dengan Nusalima Medika. 

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kantor Direksi PTPN V itu sendiri berlangsung bersamaan dengan peringatan HUT PMI ke-77, Jumat (16/9/2022).

"Mewakili segenap pengurus PMI Pekanbaru, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas perhatian PTPN V dengan dilaksanakannya donor darah, tepat memperingati HUT PMI ke-77 hari ini," kata Kepala Bagian Pengelolaan Donor PMI Pekanbaru, dr Kurnia Sari di Pekanbaru.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, terkumpul sebanyak 115 kantong darah yang seluruhnya akan diserahkan kepada PMI Kota Pekanbaru. Sari menuturkan bahwa langkah PTPN V melalui IKBI dan Nusalima Medika tersebut sangat membantu PMI Kota Pekanbaru dalam menjaga ketersediaan stok darah. Terlebih lagi, ia mengatakan saat ini dibutuhkan stok darah yang cukup menyusul masuknya masa pemulihan pasca pandemi. 

Ia mengakui bahwa PTPN V selama ini cukup aktif melakukan aksi donor darah. Meski begitu, dia berharap anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero tersebut dapat melaksanakan donor darah lebih rutin di masa mendatang. 

"Harus diakui bahwa masa pemulihan pasca pandemi dibutuhkan stok darah yang cukup. Selama ini PTPN V aktif melakukan donor darah. Namun, besar harapan kami PTPN V dapat lebih aktif di masa mendatang, mungkin bisa tiga bulan sekali melaksanakan donor darah," ujarnya. 

Sementara itu, pada Jumat pagi tampak ratusan karyawan PTPN V antusias melaksanakan kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN V dengan menggandeng PMI Kota Pekanbaru dan Nusalima Medika tersebut.

Ketua IKBI PTPN V, Lina Jatmiko dalam keterangannya mengatakan bahwa program donor darah tersebut selaras dengan semangat karyawan PTPN V untuk terus berbagi kebaikan dan manfaat terhadap sesama. 

"Kegiatan ini adalah langkah kecil yang bisa kita lakukan bersama untuk membantu mereka yang membutuhkan," tuturnya. 

Ia mengaku cukup terkesima melihat tingginya antusiasme karyawan PTPN V yang mengikuti kegiatan donor darah tersebut. 

Lebih jauh, dalam kesempatan itu Lina berharap PMI yang memasuki usia ke-77 tahun pada 2022 ini dapat terus menebar manfaat dan kebaikan kepada masyarakat sesuai dengan mandat yang diberikan oleh pemerintah.

"PMI memiliki tugas yang tidak mudah, namun kami yakin PMI kian dewasa untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai tugas yang diberikan pemerintah," harapnya. 

Said Arindra, salah seorang karyawan PTPN V yang mengikuti kegiatan donor darah tersebut mengaku bahagia masih diberikan kesempatan untuk bisa berbagi manfaat kepada sesama. 

Menurut dia, dengan melakukan donor darah yang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Ia juga menilai langkah kecil tersebut memiliki manfaat sangat besar bagi mereka yang membutuhkan.

"Setiap ada kesempatan, saya akan selalu berusaha mendonorkan darah demi membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu, saya juga percaya bahwa donor darah ini membuat kita semakin sehat," kata dia.