Hutama Karya Group Bantu Warga Korban Gempa Cianjur

25 November 2022

Merespon gempa yang Terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaannya yakni PT Hakaaston (HKA), PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan cucu perusahaan PT Bhirawa Steel (Bhirawa Steel) melalui Program Tanggug Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) HK Peduli Bencana Alam turut hadir untuk membantu para warga yang terdampak.

Hutama Karya Group telah berkolaborasi bersama Tim Satgas Bencana BUMN untuk menyalurkan berbagai bantuan kebutuhan pokok yang diserahkan oleh VP TJSL Hutama Karya Agus Kosasih pada Rabu (23/11).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa bantuan yang disiapkan Hutama Karya mulai dari ratusan paket sembako obat-obatan, perlengkapan bayi, kain kafan, tenda, hingga alat berat.

“Sesuai arahan Menteri BUMN dan concern manajemen, kami bergerak cepat dalam penyaluran bantuan ini serta memastikan kebutuhan masyarakat terdampak terpenuhi. Selain tim TJSL, kami juga mengerahkan anak perusahaan dan tim proyek sekitar untuk membantu evakuasi disana lewat alat berat yang kita turunkan. Mewakili manajemen perusahaan, kami merasakan turut prihatin terhadap para korban terdampak gempa dan akan terus berupaya untuk membantu percepatan pemulihan paska gempa di sana,” ujar Tjahjo

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan bahwa ratusan paket sembako tersebut terdiri dari beras, gula, teh, kopi, mie instan, biskuit, kornet, minyak goreng, sereal, hingga sarden sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok dapur umum yang diperlukan para korban yang telah berhasil di evakuasi. Sementara itu untuk alat berat sendiri, Hutama Karya Group menyiapkan 1 unit excavator di hari pertama gempa, kemudian menyusul lagi 2 unit di hari berikutnya.

“Kami juga menyiapkan Ambulance untuk stand by memberikan pelayanan pengobatan dan evakuasi korban luka ringan. Kami memastikan bantuan masih akan terus disalurkan oleh Hutama Karya selama masa pemulihan ini. Semoga seluruh bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan pokok para korban, membantu penyembuhan korban luka-luka, serta mempercepat proses evakuasi korban terdampak,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 Magnitude terjadi pada Senin (21/11) di Kabupaten Cianjur dan telah mengakibatkan kerusakan pada ratusan rumah warga, fasilitas umum serta menimbulkan beberapa korban jiwa meninggal dunia dan ribuan orang mengalami luka-luka. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir yang menyampaikan bahwa perusahaan- perusahaan BUMN harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, dengan menyalurkan berbagai bantuan untuk kelancaran proses evakuasi dan pemulihan di lokasi terdampak.

Nanang selaku perwakilan warga terdampak bencana di Cianjur mengucapkan apresiasi atas bantuan yang telah disalurkan oleh Hutama Karya Group pasca terjadinya gempa bumi.

“Sebagai salah satu korban terdampak bencana kami hanya bisa bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Hutama Karya dan BUMN atas aksi cepat tanggap dan bantuan paket sembako yang telah diberikan kepada kami. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi kami yang saat ini sangat membutuhkan berbagai keperluan seperti sembako dan obat-obatan, berkah selalu untuk Hutama Karya,” ungkap Nanang.

Sebagai catatan bahwa selama tahun 2022 ini, Tim TJSL HK Group telah berkolaborasi dan berperan aktif dalam menyalurkan berbagai bantuan paket sembako dan keperluan lainnya pasca terjadinya bencana alam di Kabupaten Pandeglang Banten, gempa bumi di Pasaman Barat, banjir di Kota Serang – Banten, serta gempa bumi di Tapanuli Utara. Seluruh rangkaian kegiatan penyaluran ratusan paket sembako oleh TJSL HK Group untuk korban bencana gempa bumi di Banten ini telah mengacu pada ISO 26000 sekaligus pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) No.1 tentang Tanpa Kemiskinan.