Operasi Pasar, PTPN XII Jual Minyak Goreng dan Gula Pasir Murah

18 Januari 2022

Di tengah kondisi harga sembako yang kian melambung di pasaran, PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) menggelar operasi pasar minyak goreng sebanyak 1.500 liter dan gula pasir sebanyak 1.500 kg di Lapangan Parkir Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang, pada Sabtu (15 Januari 2022) lalu.

Harga yang ditetapkan pada operasi pasar ini yakni minyak goreng seharga Rp14.000/liter dan gula pasir seharga Rp12.000/kg dengan maksimal pembelian dua liter minyak goreng dan dua kilogram gula perorang.

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, Winarto mengungkapkan bahwa PTPN XII mendukung penuh pemerintah dalam menekan harga minyak goreng dan gula pasir yang sedang melambung tinggi.

“Melalui operasi pasar ini, kami dari PTPN XII yang merupakan bagian dari PTPN Group bermaksud membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng, bahkan kami tambahkan pula produk gula pasir dari anak perusahaan PTPN XII, yakni PT Industri Gula Glenmore (PT IGG) dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran,” ujar Winarto saat bersama Menteri BUMN Erick Thohir meninjau operasi pasar minyak goreng dan gula pasir.

Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, pemerintah terus berupaya untuk membantu meringankan masyarakat mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan penyediaan
3,7 juta liter minyak goreng melalui perusahaan – perusahaan BUMN hingga Mei 2022, diantaranya Holding Perkebunan Nusantara.

“Pemerintah akan terus menggelar operasi pasar untuk membantu masyarakat dan kegiatan kita hari ini merupakan bagian dari program 1,2 miliar liter minyak murah yang akan terus dijalankan untuk meringankan beban masyarakat,” tambah Erick.

Masyarakat sekitar Universitas Negeri Malang sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan operasi pasar ini.

“Alhamdulillah, kami merasa terbantu dengan adanya operasi pasar ini, karena kami bisa mendapatkan minyak goreng dan gula pasir dengan harga yang terjangkau, kalau di luaran sekarang lebih mahal,” ungkap Sumiati, ibu rumah tangga yang ikut membeli minyak goreng dan gula pasir di operasi pasar ini.

Sebelumnya, kegiatan yang sama dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama Holding Perkebunan Nusantara di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Sabtu (8/1/2022).