Peduli Lingkungan, Perwira Pertagas Donasikan 1.103 Pohon

23 Juni 2022

Peduli akan kelestarian lingkungan, PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas PT. PGN Tbk  melaksanakan penanaman mangrove di pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, (17/5/2022). Berbeda dengan kegiatan penghijauan sebelumnya, kali ini sebanyak 1.103 bibit pohon mangrove yang ditanam merupakan donasi dari 149  perwira Pertagas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kampanye Hari Bumi Tahun 2022 Pertagas yang telah dimulai sejak 22 April 2022 lalu. Dimana selama periode kampanye Hari Bumi seluruh pekerja maupun mitra kerja Pertagas diberikan edukasi terkait pemanasan global dan berbagai upaya untuk penyelamatkan bumi dari efek Gas Rumah Kaca (GRK) dan kerusakan lingkungan lainnya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu mencegah intrusi air laut ke pemukiman masyarakat di pesisir Tambakrejo, Semarang yang terjadi akibat daratan terkikis ombak air laut.

Selain itu, sesuai dengan tema Hari Bumi Tahun 2022 yakni Invest in Our Planet, pohon Mangrove juga dapat menjadi modal bagi masing-masing Perwira yang berpartisipasi untuk mengimbangi emisi gas rumah kacanya karena 1 Pohon Mangrove dapat menyerap 4,7 kg CO2e/tahun. Sehingga dengan total pohon terkumpul, sebesar 5 ton gas rumah kaca dapat diserap setiap tahunnya.

Penanaman pohon mangrove dilaksanakan oleh jajaran Managemen Pertagas dan perwakilan Perwira bekerjasama dengan lindungihutan.com dan tentunya masyarakat Tambakrejo sebagai penerima manfaat langsung dari upaya penghijauan ini.

Di tempat berbeda, Manager Communication Relation & CSR Pertagas, Elok Riani Ariza menyampaikan harapan Perusahaan untuk dapat memberikan manfaat bagi lingkungan.

“Sejalan dengan semangat invest in our planet, Pertamina Gas ingin berperan aktif menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar” tutur Elok.

Sukiyah, perwakilan dari Kelompok Tani CAMAR - Tambakrejo menyampaikan ucapan terimakasih atas upaya yang dilakukan Pertagas. “Kami menyambut baik inisiatif Pertamina Gas, semoga ini menjadi amal jariah pekerja dan memberikan manfaat untuk masyarakat Tambakrejo,” ucapnya.