Peduli Sesama, Angkasa Pura I Salurkan Kembali Bantuan 400 Paket Sembako

25 Mei 2021

Angkasa Pura Airports menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada warga Kelurahan Gunung Sahari Selatan dan warga Kelurahan Kebon Kosong sebagai wujud kepedulian kepada sesama, serta sebagai perwujudan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL).

Pada Senin (24/05) siang, sebanyak 400 paket sembako disalurkan kepada warga dua kelurahan di Kecamatan Kemayoran tersebut, dengan masing-masing kelurahan menerima sebanyak 200 paket. Bantuan diserahkan secara langsung oleh Direktur Kepatuhan, Aset, dan Pengadaan Angkasa Pura Airports Israwadi sebagai perwakilan dari manajemen perusahaan.

"Masih dalam suasana Idulfitri, melalui momen ini kami kembali menyalurkan bantuan bagi saudara kita yang membutuhkan. Hal ini juga merupakan perwujudan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingungan Perusahaan yang diamanatkan oleh Kementerian BUMN. Kami berharap, penyaluran bantuan ini dapat bermanfaat untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar yang membutuhkan," ujar Israwadi.

Dalam setiap paket sembako yang diserahkan secara simbolis di kantor kedua kelurahan tersebut, berisi bahan makanan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, sirup, dan mie instan.

"Sebelumnya, pada pertengahan bulan Ramadhan lalu, kami juga menjalankan program serupa dengan menyalurkan bantuan paket sembako kepada DKM Masjid Nurul Amal di Cigubeng, Kabupaten Bogor. Program ini merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan yang ditujukan untuk dapat memberi manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi warga masyarakat," lanjutnya.

Sebagai perusahaan yang bernaung di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Angkasa Pura Airports memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam program pemerintah untuk dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, Angkasa Pura Airports berkomitmen untuk dapat berperan langsung dalam membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19. Selain secara rutin dan konsisten menyalurkan bantuan kepada warga masyarakat, perusahaan pengelola 15 bandara tersebut juga turut berperan dalam menggerakkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang saat ini terkena dampak dari pandemi. Beberapa upaya telah dilakukan, salah satunya adalam pemberian stimulus pembayaran angsuran bagi mitra binaan perusahaan agar usaha perusahaan UMKM dapat tetap berjalan.

Di bidang pendidikan, Angkasa Pura Airports juga memberikan program beasiswa Diploma III Kebandarudaraan bagi siswa lulusan Sekolah Menengah Atas berprestasi untuk dapat melanjutkan studi di bidang kebandarudaraan. Di sektor ini, perusahaan juga telah menjalankan Program Perpustakaan Digital yang berlokasi di Semarang dengan tujuan untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui program ini, disediakan website berisi e-book bacaan umum, remaja, anak, dan sastra klasik serta materi pendidikan untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah

Di bidang kesehatan, Angkasa Pura Airports juga turut berkontribusi melalui inisiasi pelayanan kesehatan keliling bertajuk Program "Ibu dan Anak Sehat, Bangsa Kuat". Program ini berbentuk pemberian pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui, pengobatan bayi dan balita, pemantauan tumbuh kembang balita, serta program imunisasi wajib di wilayah kerja kantor cabang perusahaan. 

"Kami secara penuh berkomitmen untuk dapat berperan langsung dalam kehidupan masyarakat, terutama di masa pandemi yang sulit ini. Kami berharap, melalui bantuan yang disalurkan pada hari ini, serta berbagai program yang telah dan tengah kami jalankan, dapat membantu meningkatkan taraf hidup warga masyarakat," pungkas Israwadi.