Perhutani Bersama Brigade Infanteri 1 Marinir Batalyon Infanteri 4 TNI AL Dan PT. Pegadaian Lakukan Penanaman Pohon Mangrove Di Tangerang

22 Juni 2022

BANTEN, PERHUTANI (20/06/2022) | Dalam rangka pelestarian ekosistem hutan mangrove, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten Bersama Brigade Infantri 1 Marinir Batalyon Infantri 4 TNI AL dan Stakeholder, melaksanakan penanaman mangrove jenis Rhizopora,Sp di kawasan hutan mangrove petak 17 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tangerang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Serang, Senin (20/06).

Acara tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Banten yang diwakili oleh Wakil Administratur/KSKPH Banten Barat, Tarsidi beserta jajaran, Komandan Pasmar Brigade Infantri 1 Marinir Batalyon Infantri 4 TNI AL Brigjen TNI Marinir Hermanto beserta jajarannya, PT. Pegadaian, Kepala BPDASHL Citarum, Kepala Dinas Perikanan Tangerang, Muspika Kecamatan Teluknaga, Kepala Desa Tanjung Pasir, Saka Bahari Jakarta Selatan, dan LMDH Tapas Jaya.

Kegiatan diawali dengan penanaman tanaman mangrove yang bertujuan untuk penghijauan dan kelangsungan ekosistem mangrove di sepanjang pesisir pantai Tangerang, bibit yang ditanam sebanyak 5.000 plc dengan jenis tanaman bakau-bakau (Rhizophora sp).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar hutan Desa Tanjung Pasir sebanyak 100 paket sembako, acara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI Marinir Hermanto.

Administratur KPH Banten Sukidi melalui  Tarsidi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk menjaga dan mempererat tali silaturahim serta untuk penghijauan hutan mangrove demi mempertahankan ekosistem tanaman mangrove di wilayah RPH Tangerang, BKPH Serang.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Brigade Infantri 1 Marinir Batalyon Infantri 4 TNI AL, Perhutani, PT. Pegadaian dan stakeholder lainnya, dalam rangka pelestarian ekosistem hutan mangrove. Semoga kegiatan ini tetap berjalan untuk mendukung kelestarian hutan mangrove yang berada di sepanjang pantai,”Ujarnya.

Brigjen TNI Marinir Hermanto menyampaikan terima kasih kepada Perhutani, PT. Pegadaian, BPDASHL Citarum, serta stakeholder lainnya atas kerjasamanya dalam rangka penamanan mangrove ini.

“Saya berharap Restorasi Ekosistem Mangrove ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai sebagai wujud pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Diharapkan semua pihak dapat ikut serta menjaganya, sehingga tanaman Mangrove tersebut dapat tumbuh subur dan berfungsinya kembali ekosistem hutan Mangrove yang ada di wilayah Tanjungpasir,” pungkasnya. (Kom-PHT /Btn/HJ)