Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali, Bangka

21 Juli 2022

BANGKA -- Pendidikan dan peningakatan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu perhatian PT Timah Tbk. Sejak tahun 2000 PT Timah Tbk menggagas program kelas beasiswa di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka. 

Tahun Ajaran 2022/2023 PT Timah Tbk kembali menerima 36 siswa yang berasal dari wilayah operasional perusahaan yakni Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Riau, dan Provinsi Kepulauan Riau. 

Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali merupakan salah satu upaya PT Timah Tbk untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang,  mendukung pengentasan angka putus sekolah, serta menciptakan sumber daya manusia yang unggul. 

Program kelas beasiswa PT Timah Tbk ini menyasar anak-anak lulusan SMP yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi. 

Setiap tahunnya, program kelas beasiswa PT Timah Tbk dengan sistem boarding ini diminati para siswa. Hal ini terbukti jumlah pendaftar yang terus meningkat setiap tahunnya. Tahun ini tercatat sebanyak 138 peserta yang mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ervawi turut mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk yang telah berpartisipasi dalam sektor pendidikan di Bangka Belitung. 

Hal ini disampaikan Ervawi saat menghadiri kegiatan serah terima peserta didik baru program kelas beasiswa PT Timah Tbk pada SMAN 1 Pemali tahun pelajar 2022/2023, di Timah Learning Center Pemali, Kabupaten Bangka, Selasa (19/7/2022). 

"Komitmen PT Timah Tbk untuk bidang pendidikan sangat luar biasa, meskipun bergerak dalam bidang pertambangan, PT Timah Tbk peduli dengan kualitas sumber daya manusia di Babel agar dapat melahirkan SDM yang berkualitas dan bermutu," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto dalam kegiatan ini mengajak para siswa baru ini dapat memanfaatkan kesempatan belajar di Kelas Beasiswa PT Timah Tbk untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan akademis. 

"Kami ucapkan selamat kepada 36 ananda yang diterima, setelah melalui proses yang panjang. Ananda semua berada di sini tak lepas dari doa orang tua. Prosesnya memang tidak mudah, tapi ini menyenangkan bila kalian ikhlas menjalani prosesnya," ucapnya. 

Dirinya juga meminta agar orang tua juga terlibat aktif mendorong anak-anaknya yang sedang belajar sehingga anak-anak akan semakin termotivasi. 

"Orang tua jangan lepas tangan, karena anak-anak di asrama terus dukung dan doakan mereka agar mereka bisa mencapai cita-citanya," kata Dirut dihadapan orang tua siswa. 

PT Timah Tbk, kata dia akan mendukung penuh kegiatan pendidikan Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali. 

"PT Timah Tbk ingin berkontribusi membantu mencerdaskan, memajukan, Bangsa dan Negara. Salah satunya yang penting yakni pendidikan dan kesehatan," katanya.

Salah satu siswa penerima program kelas beasiswa pendidikan Andini, mengatakan dirinya sangat bersyukur bisa diterima dalam beasiswa ini. Menurutnya, dengan diterima di program ini semakin dekat untuk mencapai cita-citanya.  

"Saya sangat senang dan bersyukur karena diterima, karena ini membantu ekonomi keluarga. Ini juga menjadi jalan bagi saya untuk mencapai cita-cita saya jadi hakim," katanya. 

Senada, Sali orang tua salah satu siswa mengaku dirinya sangat terbantu dengan program kelas beasiswa PT Timah Tbk. Pasalnya, anaknya bisa sekolah di sekolah unggulan dengan program kelas beasiswa. 

"Kami bersyukur sekali, sebagai warga yang kurang mampu secara ekonomi program-program seperti ini sangat membantu kami. Anak kami disekolahkan dan dibiayai ini luar biasa," ucapnya.