PT Pindad Berkolaborasi Dengan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Meresmikan Taman Keanekaragaman Hayati

14 September 2022

PT Pindad berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan hidup provinsi Jawa Barat meresmikan Taman Keanekaragaman Hayati Area Blok 1 Kiarapayung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Senin, 12 September 2022. Acara dihadiri oleh Manajer Sistem Mutu dan K3, Yadi Makmun, Junior Manager TJSL, Yunus Soemantri, Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Helmi Gunawan beserta jajaran serta perwakilan dari masyarakat sekitar Taman Kehati Kiarapayung.

Peresmian ditandai oleh penanaman berbagai pohon lokal langka dan endemik di Jawa Barat meliputi Saninten, Bisoro, Calincing, Cangcaratan, Kaliki Banten, Jejerukan, Ki Cengkeh, Misbul, Gayam, Cincalo, dan Jeruk Cikoneng.

Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim, Helmy Gunawan mengapresiasi kolaborasi yangdilakukan dengan PT Pindad untuk konservasi lingkungan dan berharap terjalin lebih baik lagi kedepannya.

"Mewakili Kepala DLH Jabar, saya menyampaikan terimakasih kepada PT Pindad dan berharap kolaborasi bisa berlangsung panjang kedepannya karena kegiatan konservasi ini bertahap dan baru dapat terlihat dampaknya bertahun-tahun. kami mengapresiasi PT Pindad yang mau bekerjasama, semoga kedepan bisa lebih banyak lagi termasuk terkait comdev," ujar Helmy.

Sementara itu Manajer Sistem Mutu & K3, Yadi Makmun mensyukuri diresmikannya Taman Keanekaragaman Hayati ini serta berharap banyak manfaat yang dihasilkan dari taman ini.

"Alhamdulillah kita bisa hadir pada peresmian Taman Keanekaragaman Hayati Pindad area blok 1, mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan Pindad khususnya dalam ikut serta menanamam pohon menjaga konservasi berperan dalam menjaga lingkungan hidup sekitar. Serta mudah-mudahan apa yang kita tanam bisa tumbuh berkembang dan bermanfaat menghasilkan oksigen di Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Simbolis penanaman pohon serta penanaman pohon oleh masing-masing perwakilan instansi serta tamu undangan yang hadir. 

Kemitraan pengelolaan Taman Kehati juga akan membantu perlindungan keanekaragaman hayati flora dan fauna di Jawa Barat dan meningkatkan sosial-ekonomi mikro masyarakat sekitar. Taman keanekaragaman hayati kiarapayung memiliki luas total 15 hektare.