PT TWC Hibahkan Mimbar dan Mihrab pada Mardliyyah Islamic Center UGM

14 Januari 2022

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) menghibahkan satu unit mimbar beserta mihrab kepada Mardliyyah Islamic Center (MIC) yang berada di kompleks Universitas Gadjah Mada, Sleman, Yogyakarta, Jumat (14/1/2022). 

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada masjid yang berfungsi sebagai pusat pendidikan nilai Islami bagi masyarakat luas.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono menyerahkan secara langsung hibah mimbar dan mihrab ini kepada Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M. yang didampingi oleh Ketua Takmir MIC Achmad Munjid. 

"Kami berterima kasih atas hibah yang mendukung tujuan masjid ini sebagai pusat peradaban, atau Islamic Center. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat peribadatan, namun juga pusat pembelajaran ilmu keislaman nantinya," terang Prof Paripurna.

Ketua Takmir MIC Ahcmad Munjid mengatakan mimbar memiliki peran kunci untuk menjadikan masjid sebagai pusat penyebaran nilai-nilai keislaman. 

"Di masa Rasulullah SAW, setelah bangunan masjid terbentuk, maka yang kemudian dibuat adalah mimbar. Hal ini mengartikan keberadaan mimbar yang penting bagi masjid itu sendiri," terangnya.

Mimbar yang berbahan dasar Kayu Jati dan Kayu Sungkai ini memiliki ornamen kaligrafi 3D berbahan anti karat. Selain itu, mimbar memikiki ornamen berbahan granit dan stainless steel yang sesuai dengan ornamen masjid tersebut. Sementara mihrab yang berbahan dasar Kayu Jati ini terdiri dari 99 asmaul husna yang dibuat dengan bahan anti karat. 

"Mimbar menjadi elemen yang penting dan harus jadi satu kesatuan dengan masjid itu sendiri. Selain itu, mimbar harus memliki keunikan tersendiri yang merefleksikan masjid itu sendiri," ujar Edy Setijono.

Di 2020, PT TWC melalui Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) turut berpartisipasi dalam pembangunan MIC ini. PT TWC berharap pembangunan masjid ini memberikan manfaat luas bagi kehidupan masyarakat umum.

“Pembangunan masjid dan Islamic center ini program yang layak untuk didukung oleh kita sebagai BUMN.” lanjutnya.

Pembangunan MIC seluas 13.887 meter persegi dan setinggi 5 lantai ini bertujuan menjadikan Masjid Mardliyyah sebagai masjid yang multi fungsi, dan sebagai pusat kajian. Selain itu, bisa memiliki sumber ekonomi untuk kemakmuran umat. Bangunan ini juga menyediakan sarana pengembangan manajemen hotel halal, pariwisata halal, rumah makan halal, center for interreligious studies, dan lain-lain.