Safari Ramadhan

Program Safari Ramadhan adalah sebagai bentuk turut serta BUMN dalam menyemarakkan bulan Ramadhan, sebagai bulan penuh berkah melalui pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan juga sebagai penunjang pemenuhan gizi masyarakat.

Program Safari Ramadan

1. Santunan anak yatim/tidak mampu

  • Anak-anak diberikan santunan per orang sebesar Rp 250.000,- dan bingkisan ramadhan/natal per orang sebesar Rp 100,000,-. Asumsi jumlah anak yang diberikan santunan adalah 1000 orang/provinsi.

2. Bantuan pesantren/panti asuhan

  • Pemberian bantuan kepada 5 pesantren/panti asuhan/sarana ibadah per provinsi, dapat berupa beasiswa untuk siswa berprestasi, perbaikan atau pengadaan sarana dan prasarana Pendidikan pesantren, seperti mebel untuk asrama. Nilai bantuan per tempat sebesar Rp 100.000.000,-.
  • Kriteria panti asuhan yang boleh ditunjuk yaitu panti asuhan yang kondisinya kurang layak dan jarang mendapatkan bantuan. Perlu dilakukan survey oleh BUMN Koordinator dengan didampingi Dinas Sosial setempat.

3. Pembagian Al-Quran

  • Pembagian Al Quran hasil cetakan dari Perum PNRI kepada panti asuhan / masjid / Lembaga Pendidikan (pesantren) dengan alokasi 1000 buku per provinsi (asumsi harga per unit buku adalah sekitar Rp.60.000,-)

4. Beasiswa

  • Pemberian bantuan beasiswa untuk siswa berprestasi atau berdasarkan tingkat ekonomi (misalnya : yatim piatu) di tingkat SD, SMP dan SMA dengan jumlah 25 orang/provinsi. Beasiswa diberikan langsung ke sekolah siswa bersangkutan untuk 1 tahun, tidak melalui siswa tersebut. Skema pembayarannya setiap 3 atau 6 bulan sekali di awal periode.

5. Elektrifikasi

  • Elektrifikasi rumah tangga bertujuan untuk mendukung program pengentasan kemiskinan serta menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khususnya memperhatikan masih terdapatnya rumah tangga yang belum teraliri listrik di berbagai daerah.

6. MCK

  • Penyediaan MCK bertujuan untuk mendukung program pengentasan kemiskinan.

7. Penyediaan Sarana Air Bersih

  • Penyediaan sarana air bersih diperlukan untuk mendukung program pengentasan kemiskinan serta menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khususnya di daerah-daerah yang rawan air bersih.

8. Program Rumah Karyawan dan Masyarakat

7. Pasar Murah

  • Pasar murah untuk mewujudkan kepedulian BUMN dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.